Penulis Utama : Muhammad Ridwan Kusuma
NIM / NIP : K2518047
×

Muhammad Ridwan Kusuma, K2518047. ANALISIS SIFAT MINYAK PIROLISIS CAMPURAN LIMBAH PLASTIK LOW DENSITY POLYETHYLENE DAN BIOMASSA SABUT KELAPA SEBAGAI SUMBER ENERGI TERBARUKAN. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2022.

Pirolisis adalah proses terdekomposisinya suatu bahan baik dari plastik atau biomassa dengan suhu tinggi dengan tanpa adanya udara atau oksigen dan menghasilkan produk berupa zat cair, gas, dan arang. Penelitian ini memanfaatkan campuran limbah plastik LDPE dengan biomassa sabut kelapa sebagai bahan pirolisis. Pengujian bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi campuran limbah plastik LDPE dengan biomassa sabut kelapa terhadap volume jumlah minyak hasil pirolisis dan karakteristik sifat fisik dan sifat kimia dari minyak hasil pirolisis. 

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini diawali dengan membuat variasi campuran limbah plastik LDPE dengan biomassa sabut kelapa berbentuk RDF-4. Variasi campuran yang digunakan adalah 100%:0 %, 75%:25%, 50%:50%, 25%:75%, dan 0%:100%. Minyak hasil pirolisis kemudian diukur hasil volume jumlah minyak pada setiap variasi campuran dilanjutkan pengujian karakteristik sifat fisik (visual dan warna, padatan arang serta nyala api) dan karakteristik sifat kimia (massa jenis, viskositas, dan rendemen cair). Pengambilan sampel data dan pengujian pada penelitian ini dilakukan di Laboratorium Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS Surakarta dan Laboratorium Terpadu FMIPA UNS.

Pada penelitian ini variasi campuran limbah plastik LDPE dengan biomassa sabut kelapa menunjukkan adanya pengaruh terhadap volume jumlah minyak yang dihasilkan dan menunjukkan adanya pengaruh terhadap hasil karakteristik sifat fisik dan sifat kimia minyak hasil pirolisis. Jumlah volume minyak terbanyak dihasilkan dari variasi 100% plastik LDPE sebanyak 432 ml. Pengujian karakteristik sifat fisik visual dan warna terbaik dihasilkan dari variasi 100% plastik LDPE dengan visual yang tidak begitu jernih terang dan berwarna merah kecoklatan. Pengujian karakteristik sifat fisik padatan arang terbaik dihasilkan dari variasi campuran 75% limbah plastik LDPE dan 25% sabut kelapa sebesar 222 gram. Pengujian karakteristik sifat fisik nyala api, nyala api tertinggi dan terbaik dihasilkan dari variasi 100% limbah plastik LDPE 10 cm. Pengujian karakteristik sifat kimia massa jenis terbaik dihasilkan dari variasi 100% plastik LDPE dengan nilai 780 kg/m3. Pengujian karakteristik sifat kimia viskositas terbaik dihasilkan dari variasi 100% limbah plastik LDPE dengan nilai 4,67 cP. Pengujian karakteristik sifat kimia rendemen cair terbaik dihasilkan dari variasi 100% limbah plastik LDPE dengan nilai persentase rendemen cair sebesar 67,15 %.

×
Penulis Utama : Muhammad Ridwan Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2518047
Tahun : 2022
Judul : Analisis Sifat Minyak Pirolisis Campuran Limbah Plastik Low Density Polyethylene dan Biomassa Sabut Kelapa sebagai Sumber Energi Terbarukan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : krisis energi, sumber energi terbarukan, pirolisis, plastik, LDPE biomassa, sabut kelapa.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Husin Bugis, M.Si.
2. Dr. Danar Susilo Wijayanto, S.T., M.Eng.
Penguji : 1. Drs. Ranto, M.T.
2. Valiant Lukad P S, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.