Penulis Utama : Novita Kurniawati
NIM / NIP : H0813132
×

ABSTRAK

Persaingan yang ketat antar pemasar produk yang sama menuntut produsen untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen dengan memahami perilaku konsumen yang menggunakan produk yang ditawarkan. Pengetahuan produsen tentang alasan-alasan konsumen menggunakan produknya diperlukan untuk mengetahui apa kelebihan dan kekurangan dari produk yang ditawarkannya, sehingga produsen dapat menciptakan produk yang sesuai dengan harapan dari konsumen. Pemahaman yang baik mengenai konsumen dapat mempengaruhi keputusan konsumen yang nantinya akan berpengaruh pada jumlah penjualan. Oleh karena itu peneliti ingin mempelajari tentang perilaku konsumen kecap manis, yang bertujuan untuk mengidentifikasi tipe perilaku konsumen dalam melakukan pembelian kecap manis di pasar tradisional Kabupaten Kebumen dengan menganalisis tingkat keterlibatan konsumen dan perbedaan antar merek.
Metode dasar penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan dilaksanakan dengan teknik survei. Lokasi penelitian dipilih dengan purposive sampling (memilih secara sengaja dan cermat sesuai dengan rencana riset) yaitu memilih Kabupaten Kebumen dengan mengambil 4 pasar tradisional. Penentuan sampel dilakukan dengan metode judgement sampling, dengan jumlah responden 100 orang. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer kemudian dianalisis menggunakan anlisis desain inventaris keterlibatan dan analisis beda antar merek. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, pencatatan, dan observasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa pertama, keterlibatan konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian kecap manis di Kabupaten Kebumen tergolong tinggi yaitu sebesar 33,47 > 24, artinya konsumen bersedia mencurahkan energinya untuk membuat keputusan terbaik yang didasarkan pada konsekuensi positif dan negatif pada merek kecap manis yang dibeli. Kedua, beda antar merek kecap manis menurut konsumen di Kabupaten Kebumen nyata, artinya konsumen melihat adanya perbedaan antar merek kecap manis yang ada. Ketiga, tipe perilaku konsumen kecap manis di Kabupaten Kebumen adalah tipe perilaku yang pembelian komplek, artinya konsumen sangat terlibat dalam suatu pembelian dan melihat perbedaan antar merek kecap manis.

 

 

×
Penulis Utama : Novita Kurniawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813132
Tahun : 2017
Judul : Analisis perilaku konsumen dalam melakukan pembelian kecap manis di pasar tradisional Kabupaten Kebumen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-Jur. Agribisnis-H0811056-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Suprapti Supardi, M.P.
2. Mei Tri Sundari, S.P M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.