Penulis Utama : Putri Andhita
NIM / NIP : C0913038
×

ABSTRAK

Latar belakang perancangan kemasan aeropress dengan teknik batik dan pewarna ampas kopi dalam proyek tugas akhir ini adalah menawarkan alternatif penanganan permasalahan sampah salah satunya mengenai sampah ampas kopi melalui perancangan merchandise untuk coffee shop berupa pouch. Ampas kopi dimanfaatkan ulang menjadi pewarna alami tekstil, kemudian diaplikasikan pada rancangan kemasan aeropress. Dilihat dari kebutuhan masyarakat  urban pecinta kopi yang tergabung dalam komunitas aeropress dan mayoritas pria , membutuhkan sebuah produk kemasan alat seduh kopi aeropress yang dapat dibawa kemana saja sesuai dengan mobilitasnya. 
Tujuan  perancangan  ini adalah menanangani permasalahan sampah ampas kopi dan memenuhi kebutuhan mobilitas komunitas aeropress melalui perancangan kemasan aeropress. Visual yang ditampilkan pada permukaan produk sebagai  elemen estetis produk adalah visual biji kopi yang dipadukan dengan garis ekspresif yang merupakan interpretasi sensasi meminum kopi. Perancangan produk diarahkan sebagai produk eksklusif untuk pria.
Hasilnya berupa delapan desain produk kemasan aeropress berupa pouch dengan tema koleksi perancangan Senzasione di Caffe yang berarti sensasi dibalik secangkir kopi. Perancangan ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat untuk peduli terhadap masalah sampah dikehidupan sehari-hari dan juga merancang produk merchandise coffee shop yang sesuai dengan kebutuhan komunitas aeropress. 

Kata  kunci : Ampas Kopi, Aeropress, Merchandise Coffee shop, Produk Eksklusif, Pria
 
 

×
Penulis Utama : Putri Andhita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0913038
Tahun : 2018
Judul : Perancangan kemasan aeropress dengan teknik batik dan pewarna ampas kopi
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSRD - 2018
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Seni Rupa dan Desain-Prog. Kriya Tekstil-C0913038-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Felix Ari Dartono, M.Sn.,
2. Setyawan, S.Sn, M. A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.