Penulis Utama : Iryani Latifah Nur Haidah
NIM / NIP : K4213044
×

ABSTRAK

Iryani Latifah Nur Haidah. K4213044. ANALISIS DIKSI, GAYA BAHASA, DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM ANTOLOGI GEGURITAN LINTANG GUMAWANG KARYA J.F.X HOERY SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi, Surakarta: Pendidikan Bahasa Jawa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2017.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) diksi, gaya bahasa dalam antologi geguritan Lintang Gumawang karya J.F.X Hoery; (2) nilai pendidikan karakter dalam antologi geguritan Lintang Gumawang karya J.F.X Hoery; (3) relevansi diksi, gaya bahasa, dan nilai pendidikan karakter dalam antologi geguritan Lintang Gumawang karya J.F.X Hoery sebagai bahan ajar mata pelajaran bahasa Jawa kelas IX SMP.

Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis dokumen. Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen, yaitu antologi geguritan Lintang Gumawang karya J.F.X Hoery dan informan yang merupakan narasumber ahli sastra. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dengan dokumen serta wawancara narasumber. Uji validitas menggunakan triangulasi sumber data dan teori. Teknik analisis data dalam penelitian ini menurut Leech & Short dalam Nurgiyantoro yang terdiri dari empat komponen yaitu: (1) apresiasi sastra; (2) mencari bukti linguistik; (3) deskripsi kebahasaan; dan (4) mencari fungsi estetika.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) diksi yang digunakan dalam antologi geguritan Lintang Gumawang karya J.F.X Hoery, berupa kawruh kagunan basa Jawa; (2) gaya bahasa yang digunakan dalam antologi geguritan Lintang Gumawang karya J.F.X Hoery, berupa: klimaks, paralelisme, antitesis, repetisi, polisidenton, asidenton, retoris, hiperbola, paradoks, simile, metafora, personfikasi, alusi, metonimia, ironi, dan sarkasme. Selain itu, nilai pendidikan karakter dalam antologi geguritan Lintang Gumawang karya J.F.X Hoery ini adalah: (1) nilai religius; (2) nilai kejujuran; (3) nilai demokratis; (4) nilai cinta tanah air; (5) nilai peduli lingkungan; dan (6) nilai tanggung jawab. Analisis diksi, gaya bahasa dan nilai pendidikan karakter dalam antologi geguritan Lintang Gumawang karya J.F.X Hoery ini relevan dengan bahan ajar mata pelajaran bahasa Jawa karena antologi geguritan tersebut mengandung nilai estetika dan nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat digunakan sebagai bahan ajar mata pelajaran bahasa Jawa kelas IX SMP

×
Penulis Utama : Iryani Latifah Nur Haidah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4213044
Tahun : 2017
Judul : Analisis Diksi, Gaya Bahasa Dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Antologi Geguritan Lintang Gumawang Karya J.F.X Hoery Serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Kelas Ix Sekolah Menengah Pertama
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.KIP-K4213044-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Waluyo, S.S., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.