Penulis Utama : Firdaus Mauliaditya Winda Andana
NIM / NIP : G0014102
×

ABSTRAK

Firdaus Mauliaditya Winda Andana, G0014102, 2018. Perbedaan  Kejadian Cognitive Impairment pada Pasien Diabetes Melitus Tipe-2 pada Pasien dengan Terapi  Metformin  dibanding  Metformin  dan  Insulin  di RSUD Dr. Moewardi. Skripsi. Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang: Diabetes Melitus (DM) tipe-2 merupakan suatu gangguan metabolik yang disebabkan karena tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan optimal sehingga kadar gula darah dalam tubuh menjadi tinggi. DM tipe-2 dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi, salah satunya adalah penurunan fungsi kognitif. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengendalikan gula darah pada pasien DM  tipe-2,  salah  satunya  adalah  terapi  farmakologis.  Dari  bermacam- macam jenis terapi, metformin serta kombinasi metformin dan insulin merupakan salah satu terapi farmakologis yang sering digunakan. Baik metformin maupun insulin dapat menyebabkan penurunan fungsi kognitif. Metformin dapat menyebabkan peningkatan protein ? amyloid yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel neuron. Penggunaan insulin sering menyebabkan episode hipoglikemik. Apabila episode hipoglikemik ini terjadi berulang dan dalam waktu yang lama, maka akan menyebabkan nekrosis pada sel neuron. Hal-hal itulah yang dapat menyebabkan penurunan fungsi kognitif. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah  ada perbedaan  kejadian  Cognitive Impairment  pada pasien DM tipe-2 dengan terapi metformin dibanding metformin dan insulin.

Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. Sebanyak 32 pasien DM tipe-2 yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dipilih menggunakan metode consecutive sampling. Fungsi kognitif pasien dinilai dengan menggunakan kuesioner MMSE. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji chi-square.

Hasil: Analisis chi-square dengan angka kemaknaan ? = 0,05 diperoleh nilai p =
0,446 yang berarti p > 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan kejadian Cognitive Impairment pada pasien DM tipe-2 dengan terapi metformin dibanding metformin dan insulin.

Simpulan: Tidak terdapat perbedaan signifikan kejadian Cognitive Impairment
pada pasien DM tipe-2 dengan terapi metformin dibanding metformin dan insulin.

Kata Kunci: Diabetes Melitus Tipe-2, Cognitive Impairment, Metformin, Insulin,
Chi-square.

 

×
Penulis Utama : Firdaus Mauliaditya Winda Andana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014102
Tahun : 2018
Judul : Perbedaan Kejadian Cognitive Impairment Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe-2 Dengan Terapi Metformin dibanding Metformin dan Insulin di RSUD dr. Moewardi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran-Progdi. Ilmu Kedokteran-G0014102-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr., Supriyanto Kartodarsono Sp.PD-KEMD.FINASIM
2. Dr. Sugiarto, dr., Sp.PD-KEMD.FINASIM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.