Penulis Utama : Dwi Fahrudin
NIM / NIP : S851708016
×

Abstrak

Penelitian Research and Development (R&D) ini bertujuan untuk mendapatkan modul matematika berbasis Discovery Learning yang valid, praktis, efektif, dan ampuh untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
 Penelitian pengembangan modul matematika SMA berbasis Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah ini menggunakan prosedur ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Analisis data yang digunakan selama pengembangan adalah analisis deskriptif, analisis kevalidan modul berdasarkan penilaian ahli (materi, media dan bahasa), analisis kepraktisan modul berdasarkan penilaian angket respon guru dan siswa setelah menggunakan modul, analisis keefektifan dan keampuhan modul berdasarkan data kemampuan pemecahan masalah siswa melalui uji t-test.  
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengembangan modul matematika SMA berbasis Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi trigonometri analitika (jumlah dan selisih dua sudut) dinyatakan valid untuk digunakan, dengan skor kevalidan ahli materi sebesar 3,47 berkriteria “sangat baik” dan skor kevalidan ahli media dan bahasa sebesar 3,385 berkriteria “baik”. Modul dinyatakan praktis untuk digunakan, dengan skor kepraktisan yang diperoleh dari dua kali angket respon siswa sebesar 3,12 dan 3,15 berkriteria “baik”, sedangkan dari dua kali angket respon guru sebesar 3,337 dan 3,363 berkriteria “baik”. Modul dinyatakan efektif untuk digunakan karena terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebelum menggunakan modul berbasis Discovery Learning dan sesudah menggunakan modul berbasis Discovery Learning. Modul dinyatakan ampuh untuk digunakan karena kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan modul berbasis Discovery Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang tidak menggunakan modul berbasis Discovery Learning.

Kata Kunci : Modul matematika, Discovery Learning, kemampuan pemecahan masalah

×
Penulis Utama : Dwi Fahrudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851708016
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Modul Matematika SMA Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Matematika-S851708016-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.