Penulis Utama : Ivebsia Wika Anugrah Wati
NIM / NIP : K5615033
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) Perbedaan pengaruh latihan Ban Karet dan leg press terhadap peningkatan power tendangan dollyo chagi taekwondoin Remaja Putra di Dojang Baturan Karanganyar tahun 2019;(2) Latihan apa yang lebih baik pengaruhnya antara latihan Ban Karet dan Leg Press terhadap peningkatan power tendangan dollyo chagi taekwondoin Remaja Putra di Dojang Baturan Karanganyar tahun 2019.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua Atlet  taekwondo Remaja Putra Dojang Baturan Karanganyar yang berjumlah 45 orang. Dari jumlah populasi yang ada diambil sampel dengan cara purposive sampling yaitu pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan,  dengan penelitian sejumlah 16 orang. Dari jumlah sampel 16 orang dilakukan tes dan pengukuran power tendangan dollyo chagi kemudian hasil dari Kebanyakkan tendangan, setelah itu dipisahkan kedalam kelompok 1 dan kelompok 2 dengan cara ordinal pairing, sehingga kedua kelompok mempunyai keterampilan yang merata. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen.Teknik pengumpulan data melalui tes dan pengukuran kemampuan power tendangan dollyo chagi menggunakan alat ukur tes yang dirancang sendiri.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan dengan melalui uji prasyarat yaitu uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas dengan taraf signifikansi 5 %.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut : Pertama, tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan dengan metode Ban Karet dan leg press terhadap kemampuan power tendangan dollyo chagi taekwondoin remaja putra dojang baturan karanganyar, dengan thitung= 7,12 probabilitas.

Kata Kunci : Kemampuan power tendangan taekwondo dollyo chagi, metode latihan Ban Karet, metode latihan Leg press

×
Penulis Utama : Ivebsia Wika Anugrah Wati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5615033
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Latihan Tendangan Menggunakan Alat Bantu Latihan terhadap Peningkatan Kemampuan Tendangan Dolly Chagi pada Atlet Remaja Putra Taekwondo Dojang Baturan Karanganyar Tahun 2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Keolahragaan Jur. Pendidikan Kepelatihan Olahraga-K5615033-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Haris Nugroho, S.Pd M.Or.
2. Dr. Islahuzzaman Nuryadin, S.Pd., M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.