Penulis Utama : Brian Fernanda Saputra
NIM / NIP : K5615017
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh latihan pliometrik   depth jump dan jump to box terhadap peningkatan power otot tungkai atlet putra pembinaan prestasi taekwondo Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun 2019, Latihan apa yang lebih baik pengaruhnya antara latihan pliometrik  depth jump dan jump to box terhadap peningkatan power otot tungkai atlet putra pembinaan prestasi taekwondo Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun 2019.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa pembinaan prestasi taekwondo Universitas Sebelas Maret yang berjumlah 35 mahasiswa yang terdiri dari 14 putra dan 21 putri. Dari jumlah populasi yang ada diambil sampel dengan cara total sampling karena jumlah dari  atlet putra pembinaan prestasi taekwondo Universitas Sebelas Maret Surakarta hanya berjumlah 14 mahasiswa. Dari jumlah sampel 14 orang dilakukan tes dan pengukuran power otot tungkai kemudian hasil dari tes di rangking, setelah itu dipisahkan ke dalam kelompok 1 dan kelompok 2 dengan cara ordinal pairing, sehingga kedua kelompok mempunyai kemampuan yang merata. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui tes dan pengukuran kemampuan power otot tungkai dengan cara vertical jump. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan dengan melalui uji prasyarat yaitu uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas dengan taraf signifikansi 5 %.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut : Pertama, terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan dengan metode depth jump dan jump to box terhadap kemampuan power otot tungkai atlet putra pembinaan prestasi taekwondo Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun 2019, dengan thitung= 3.260 dengan nilai probailitas 0.007 < 0 xss=removed> latihan metode jump to box = 5,728 %.
Penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, ada perbedaan pengaruh antara latihan depth jump dan jump to box terhadap power otot tungkai pada atlet putra pembinaan prestasi taekwondo Universitas Sebelas Maret Surakarta Tahun 2019. Kedua, latihan jump to box lebih baik pengaruhnya daripada latihan depth jump terhadap power otot tungkai pada atlet putra pembinaan prestasi taekwondo Universitas Sebelas Maret Surakarta Tahun 2019.

Kata Kunci : Kemampuan power otot tungkai, metode latihan depth jump, metode latihan jump to box

×
Penulis Utama : Brian Fernanda Saputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5615017
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Latihan Depth Jump dan Jump To Box terhadap Power Otot Tungkai Atlet Putra Pembinaan Prestasi Taekwondo Universitas Sebelas Maret Surakarta Tahun 2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Keolahragaan Jur. Pendidikan Kepelatihan Olahraga-K5615017-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Haris Nugroho S.Pd.,M.Or.
2. Dr. Islahuzzaman Nuryadin, S.Pd., M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.