Penulis Utama : Wildan Auliya Nurrosyid
NIM / NIP : R0215102
×

Abstrak

Latar Belakang : Hubungan usia pekerja dan sikap kerja yang tidak alamiah yang dilakukan pekerja ketika melakukan aktivitas pembuatan batu bata dapat menyebabkan pekerja mudah mengalami nyeri punggung atau Low Back Pain (LBP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan usia dan sikap kerja dengan keluhan subyektif low back pain pada pekerja industri informal pembuatan batu bata di Desa Melikan, Klaten.

Metode : Jenis penelitian ini adalah obsevasional analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 132 orang. Responden diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan kriteria inklusi dan ekslusi yang telah ditentukan didapatkan responden minimal sejumlah 50 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar data diri responden beserta Numerical Rating Scale, lembar pengukuran REBA,  lembar  Informed  Consent. Analisis  bivariat  menggunakan  uji  statistik Spearman.

Hasil : Hasil uji statistik spearman untuk menguji hubungan usia dengan keluhan subyektif LBP menghasilkan nilai p

Simpulan : Terdapat hubungan usia dan sikap kerja dengan keluhan LBP pada pekerja industri informal pembuatan batu bata di Desa Melikan, Klaten.

Kata Kunci : Usia, Sikap Kerja, Low Back Pain

×
Penulis Utama : Wildan Auliya Nurrosyid
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0215102
Tahun : 2019
Judul : Hubungan Usia dan Sikap Kerja dengan Keluhan Subyektif Low Back Pain (LBP) pada Pekerja Industri Informal Pembuatan Batu Bata di Desa Melikan, Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Prog. DIV Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0215102-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Mulyani, S.Kep.Ns.,M.Si.
2. Seviana Rinawati, S.KM., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.