Penulis Utama : Shifi Syarifa Fahmina
NIM / NIP : S091708008
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menguji kelayakan instrumen Computerized Testlet berbasis HOTS untuk mengukur kemampuan literasi kimia siswa pada materi stoikiometri; 2) menguji kemampuan instrumen Computerized Testlet berbasis HOTS untuk mengukur kemampuan literasi kimia siswa pada materi stoikiometri.
Penelitian pengembangan instrumen Computerized Testlet ini menggunakan model pengembangan Akker (1999) dengan 4 tahapan utama yaitu: 1) pemeriksaan pendahuluan (preliminary investigation), 2) penyesuaian teoritis (theoretical embedding), 3) uji empiris (empirical testing); 4) proses dan hasil dokumentasi, analisis dan refleksi (documentation, analysis, and reflection on process and outcome). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Surakarta, SMA Negeri 5 Surakarta, dan SMA Batik 2 Surakarta dengan jumlah responden 188 siswa. Analisis data hasil validasi isi dilakukan dengan menggunakan formula Aiken dan analisis data untuk uji kelayakan instrumen menggunakan analisis model Rasch.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) instrumen Computerized Testlet berbasis HOTS yang dikembangkan untuk mengukur kemampuan literasi kimia siswa dinyatakan layak dan memenuhi kriteria sebagai instrumen soal yang baik dengan hasil validitas isi yang valid, reliabilitas yang istimewa, validitas konstruk yang istimewa, daya pembeda dan tingkat kesukaran yang efektif; 2) instrumen Computerized Testlet berbasis HOTS yang dikembangkan dapat mengukur kemampuan literasi kimia siswa pada materi stoikiometri.

Kata Kunci : instrumen Computerized Testlet, Higher Order Thinking Skills, literasi kimia, stoikiometri

×
Penulis Utama : Shifi Syarifa Fahmina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S091708008
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Instrumen Computerized Testlet Berbasis Higher Order Thinking Skills untuk Mengukur Kemampuan Literasi Kimia Siswa pada Materi Stoikiometri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Kimia-S091708008-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Yamtinah, M.Pd.
2. Dr. Mohammad Masykuri, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.