Penulis Utama : Zuhria Ismawanti
NIM / NIP : S531708052
×

Latar Belakang: Diabetes Melitus (DM) merupakan penyakit metabolik dengan manifestasi klinik hiperglikemia yang terjadi akibat kelainan sekresi insulin, kerja insulin atau kedua-duanya. Hiperglikemia pada DM menyebabkan kenaikan radikal bebas. Antioksidan diharapkan dapat menekan lipid peroksidase, sehingga lipotoxic dapat dicegah dan kerusakan sel akibat hiperglikemia dapat dihindari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemberian buah jambu biji merah (Psidium guajava L.) dan pepaya (Carica papaya) terhadap kadar glukosa darah dan kolesterol total pada penderita diabetes mellitus tipe 2.
Metode: Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan pre post-test with control group design. Sebanyak 52 subjek dibagi secara simple random sampling menjadi 4 kelompok: kelompok pemberian jambu biji merah 282,2 gram (P1), pemberian pepaya 302,4 gram (P2), pemberian jambu biji merah dan pepaya 292,3 gram (P3) dan kelompok kontrol diberikan air mineral (K). Penelitian ini dilakukan selama 14 dan 28 hari. Analisis data menggunakan uji one way anova dilanjutkan dengan post hoc, dan analisis multivariat menggunakan analisis regresi logistik berganda.
Hasil: Terdapat penurunan kadar glukosa darah (GDP dan GD2JPP) dan kolesterol total pada masing-masing kelompok baik pada hari ke-14 dan ke-28 secara bermakna (p<0>0,05).
Kesimpulan: Pemberian jambu biji merah dan pepaya dapat menurunkan kadar glukosa darah dan kolesterol total penderita diabetes mellitus tipe 2. 

Kata Kunci: Psidium guajava L, Carica papaya, Glukosa Darah, Kolesterol Total

×
Penulis Utama : Zuhria Ismawanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S531708052
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Pemberian Buah Jambu Biji Merah (Psidium Guajava l.) dan Pepaya (Carica Papaya) Terhadap Kadar Glukosa Darah dan Kolesterol Total Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Ilmu Gizi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Ilmu Gizi-S531708052-2019
Kata Kunci : Psidium guajava L, Carica papaya, Glukosa Darah, Kolesterol Total
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. dr. JB. Suparyatmo Sp.PK
2. Dr. Budiyanti Wiboworini, dr., M.Kes. Sp.G
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.