Penulis Utama : Ragil Diyah Ruwiyanti
NIM / NIP : D1115026
×

ABSTRAK


Kesehatan adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Hal ini menjadi kewajiban negara untuk mengupayakannya, begitupun Negara Indonesia melalui Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) berupaya menyelenggarakan program jaminan kesehatan. Namun BPJS Kesehatan tidak mempunyai kemampuan untuk memenuhi seluruh kebutuhan fasilitas. Fasilitas dipenuhi dengan menjalin kemitraan dengan rumah sakit. Salah satunya adalah Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta karena rumah sakit memiliki banyak tempat tidur dan sarana yang lengkap, serta memberikan kemudahan bagi pasien BPJS Kesehatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemitraan yang terjalin antara BPJS Kesehatan dan Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta melalui aspek relationships (hubungan), resources (sumberdaya), networks (jaringan), dan organizations (organisasi).
    
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sumber datanya adalah hasil wawancara dan dokumen dan arsip. Data tersebut diperoleh melalui wawancara, observasi, dan mengkaji dokumentasi dan arsip. Uji validitas menggunakan teknik triangulasi metode. Teknik analisa data menggunakan Model Analisis Interaktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemitraan yang terjalin berlangsung dengan baik. Melalui relationships (hubungan) yang dijalin secara efektif dapat membuat kemitraan ini berjalan dengan lancar. Resources (sumber daya) yang ada mendukung penyelenggaraan program jaminan kesehatan. Networks (jaringan) yang dibangun oleh pihak rumah sakit juga mempermudah dan mempercepat pelayanan kesehatan. Aspek organizations (organisasi) dilaksanakan oleh kedua belah pihak dengan membuat MoU/ perjanjian kerja sama untuk dipatuhi dan menjadi acuan dikemudian hari. Namun untuk lebih meningkatkan pelayanan di kemudian hari maka pihak BPJS Kesehatan harus lebih banyak memberikan informasi pelayanan BPJS di rumah sakit.

Kata Kunci: Kemitraan, Aspek Kemitraan, Pelayanan Kesehatan

 

×
Penulis Utama : Ragil Diyah Ruwiyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1115026
Tahun : 2019
Judul : Kemitraan antara BPJS Kesehatan Kota Surakarta dengan Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2019
Program Studi : S-1 Administrasi Negara Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Sosial dan Politik, Prodi. Ilmu Administrasi Negara - D1115026-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kristina Setyowati, M. Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.