Penulis Utama : Susianti Kurniasari
NIM / NIP : F3516053
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana prosedur pelaksanaan program Ketahanan Pangan dan Stabilitas Harga Beras Medium (KPSH BM) melalui Mitra pada Gudang Beras BULOG Telukan Sukoharjo, (2) membandingkan apabila terdapat ketidaksesuaian antara Standar Operasional Prosedur (SOP) dari program KPSH BM dengan implementasi yang terjadi di lapangan. Dari perbandingan ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai hambatan-hambatan yang terjadi dalam proses menerapkan prosedur pelaksanaan program KPSH BM.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang memberikan gambaran secara sistematis dengan menggunakan objek yang diteliti. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi dan wawancara. Sedangkan, data sekunder diperoleh dari data-data perusahaan.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa (1) prosedur dalam melaksanakan program KPSH BM yang dilakukan dengan cara Mitra mengajukan Surat Permohonan, kualifikasi  Mitra yang memenuhi syarat, menerbitkan Surat Penunjukan, mengajukan Purchase Order (PO), melakukan pembayaran sesuai SPS, menyerahkan bukti setor, menerbitkan Surat Perintah Pengeluaran Barang (SPPB)/Delivery Order (DO), melayani pengeluaran dan penyerahan beras, penerimaan dan melakukan penjualan beras, dan pelaporan realisasi program KPSH BM, (2) Implementasi dari SOP program perlaksanaan KPSH BM melalui Mitra pada Gudang Beras BULOG Telukan Sukoharjo di lapangan beberapa proses telah sesuai dan ada juga yang belum sesuai dengan SOP. Ketidaksesuaian tersebut berawal dari ketergantungan Mitra terhadap pihak Gudang BULOG terutama kepada Juru Timbang. Berikut prosedur yang tidak sesuai diantaranya adalah pengajuan Purchase Order (PO), tahap verifikasi PO, penerbitan SPS, pembayaran sesuai SPS, pelayanan pengeluaran dan penyerahan beras, dan penerimaan beras.
Kata Kunci : SOP, Program, Ketahanan Pangan dan Stabilitas Harga Beras Medium

 

×
Penulis Utama : Susianti Kurniasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3516053
Tahun : 2019
Judul : Evaluasi Prosedur Pelaksanaan Program Ketersediaan Pasokan dan Stabilitas Harga Beras Medium (KPSH BM) Melalui Mitra pada Gudang Beras Bulog Telukan Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog. D III Manajemen Bisnis-F3516053-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Suryandari Istiqomah, S.E, M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.