Penulis Utama : Alvin Adindya Whisnu Mahendra
NIM / NIP : F3516004
×

Gudang Bulog diwajibkan melaksanakan pilar ketersediaan untuk melindungi dan mensejahterakan para petani. Pada tahun 2019, Gudang Bulog Telukan mengalami kesulitan dalam memenuhi pengadaan dan penyerapan yang berasal dari masyarakat. Sehingga dalam melaksanakan fungsi pilar ketersediaan kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengadaan barang (beras dan gabah) dalam menjadi mitra dan untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi dalam proses pengadaan barang  (beras  dan gabah) di Gudang Bulog Telukan.

Lokasi penelitian ini adalah di Gudang Bulog cabang Telukan Sukoharjo yang beralamatkan di Jl. Raya Solo-Wonogiri KM 9 Sukoharjo, Jawa Tengah. Metode penelitian yang dilakukan penulis adalah menggunakan metode deskriptif dengan jenis data dari observasi berperan aktif melalui pelaksanaan magang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi wawancara serta mengkaji pada dokumen dan arsip.

Hasil dari penelitian adalah Gudang Bulog Telukan  dalam  melakukan  proses pengadaan barang berupa beras dan gabah menerapkan prosedur pengadaan yang sangat rinci dan teliti. Dalam tahapan pengadaan terdapat SOP untuk menjadi mitra kerja dan  syarat kualitas barang. Proses pelaksanaan pengadaan terdapat beberapa faktor kendala yang muncul seperti kualitas, mitra dan non-mitra, ketidaktahuan akan SOP beras/gabah dan SOP menjadi mitra, pola konsumtif, dan faktor harga.

Kata Kunci : Gudang Bulok Telukan, pengadaan barang, dan prosedur

×
Penulis Utama : Alvin Adindya Whisnu Mahendra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3516004
Tahun : 2020
Judul : Prosedur Pengadaan Barang (Beras dan Gabah) pada Gudang Bulog Telukan Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2020
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Prog. DIII Manajemen Bisnis-F3516004-2020
Kata Kunci : Gudang Bulok Telukan, pengadaan barang, dan prosedur
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Suryandari Istiqomah, S.E, M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.