Penulis Utama : Etty Christina Baboe
NIM / NIP : S571402002
×

Latar Belakang : Memberikan perawatan pada pasien demensia sangat mengakibatkan stres sehingga mempengaruhi ekspresi emosi, kualitas hidup dan fungsi peran dari family caregiver. Kondisi ini membutuhkan metode intervensi yang efektif untuk menanganinya.

Tujuan : Memahami lebih mendalam mengenai beban family caregiver, menghasilkan modul psikoedukasi sebagai intervensi untuk menurunkan ekspresi emosi, meningkatkan kualitas hidup dan fungsi peran  family caregiver pasien demensia serta menilai keefektifan modul psikoedukasi.

Metode : Studi ini merupakan operational research dengan pendekatan kualitatif berbentuk studi kasus yang dilakukan pada tiga family caregiver pasien demensia di RSJD Dr. Arif Zainudin Surakarta. Studi ini telah mendapatkan persetujuan dari komite etik Rumah Sakit.

Hasil  :  Kurangnya  pengetahuan  mengenai  demensia  memengaruhi  perawatan yang diberikan family caregiver. Pemberian intervensi psikoedukasi efektif untuk menurunkan ekspresi emosi, meningkatkan kualitas hidup dan fungsi peran pada ketiga subjek.

Simpulan : Psikoedukasi dapat menurunkan ekspresi emosi, meningkatkan kualitas hidup dan fungsi peran family caregiver pasien demensia.

 

×
Penulis Utama : Etty Christina Baboe
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S571402002
Tahun : 2017
Judul : Psikoedukasi Untuk Menurunkan Ekspresi Emosi, Meningkatkan Kualitas Hidup dan Fungsi Peran Family Caregiver Pasien Demensia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : PPDS Psikiatri
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Dokter Spesialis-S571402002-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Aris Sudiyanto, dr., SpKJ ( K )
2. Debree Septiawan, dr., SpKJ, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.