Penulis Utama : Rina Sugiyanti
NIM / NIP : S571308004
×

Abstrak

Latar Belakang : Besarnya pengaruh stigma dan tingkat ekspresi emosi sangat mempengaruhi perilaku family caregiver dalam manajemen pasien skizofrenia. Hanya sedikit studi di Indonesia yang meneliti tentang faktor-faktor yang mempengaruhi stigma dan ekspresi emosi serta metode intervensi yang efektif untuk menanganinya. Studi ini meneliti mengenai stigma dan ekspresi emosi family caregiver dan metode intervensi psikoedukasi integrative model untuk menanganinya.
Tujuan : Mengetahui faktor - faktor yang mempengaruhi stigma dan ekspresi emosi family caregiver dan menghasilkan modul psikoedukasi integrative model sebagai intervensi untuk menurunkan stigma dan ekspresi emosi serta menilai keefektivan modul psikoedukasi integrative model.
Metode : Studi ini merupakan studi mixed methods yang dilakukan di RSJD Dr. Arif Zainudin Surakarta. Studi ini terdiri dari 4 tahap studi. Tahap I merupakan pengisian angket yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi stigma dan ekspresi emosi. Tahap II merupakan studi kuantitatif untuk mengetahui tingkat stigma dan ekspresi emosi family caregiver dan faktor demografi yang mempengaruhinya. Tahap III merupakan penyusunan dan uji validitas modul psikoedukasi integrative model. Tahap IV merupakan studi kasus untuk menilai keefektivan pelaksanaan psikoedukasi integrative model. Studi ini telah mendapatkan persetujuan dari komite etik Rumah Sakit.
Hasil : Studi kuantitatif menunjukkan bahwa faktor demografi yang mempengaruhi stigma adalah pendidikan dan tingkat ekonomi dengan pengaruh positif artinya jika pendidikan dan status ekonomi meningkat maka stigma dan ekspresi emosi juga meningkat. Pemberian intervensi psikoedukasi integrative model cukup efektif dalam menurunkan stigma dan ekspresi emosi.
Simpulan : Psikoedukasi integrative model dapat menurunkan stigma dan ekspresi emosi family caregiver pasien skizofrenia.

Kata Kunci : psikoedukasi integrative model, stigma, ekspresi emosi, family caregiver, skizofrenia

×
Penulis Utama : Rina Sugiyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S571308004
Tahun : 2017
Judul : Psikoedukasi Integrative Model untuk Menurunkan Ekspresi Emosi dan Stigma Family Caregiver Pasien Skizofrenia Sebuah Studi Mixed Methods
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : PPDS Psikiatri
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Kedokteran Jiwa-S571308004-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Aris Sudiyanto, dr. SpKJ (K).
2. Dr. Gst. Ayu Maharatih, dr., SpKJ(K), M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.