Penulis Utama : Hanifah Nur Rahma
NIM / NIP : K5115027
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran guru pendamping khusus terhadap prestasi belajar seni budaya dan keterampilan anak tunagrahita di Sekolah Dasar inklusi Kota Surakarta tahun 2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Subjek pada penelitian ini adalah anak tunagrahita kelas 6 di SD inklusi Kota Surakarta tahun 2019 yang berjumlah 11 anak. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik non-parametric yaitu Wilcoxon Signed Rank Test (Uji Ranking Berganda Wilcoxon) dengan bantuan program SPSS 22.
Hasil analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata post-test lebih besar daripada rata-rata nilai pretest yaitu 32,91 menjadi 35,36. Hasil analisis non-parametric diperoleh nilai Zhitung = -2,680b dengan Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,007 lebih kecil dari taraf signifikansi ? = 0,05. Sehingga hipotesis dapat diterima kebenarannya.
Hasil Penelitian meyatakan bahwa Ho ditolak  dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa guru pendamping khusus berperan dalam meningkatkan prestasi belajar seni budaya dan keterampilan pada anak tunagrahita kelas 6 di SD inklusi Kota Surakarta tahun 2019.</p>


Kata kunci: guru pendamping khusus, prestasi belajar seni budaya dan keterampilan, anak tunagrahita</p>

 </p>

×
Penulis Utama : Hanifah Nur Rahma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5115027
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Peran Guru Pendamping Khusus terhadap Prestasi Belajar Seni Budaya dan Keterampilan pada Anak Tunagrahita di Sekolah Dasar Inklusi Kota Surakarta Tahun 2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prodi. Pendidikan Luar Biasa - K5115027-2020
Kata Kunci : guru pendamping khusus, prestasi belajar seni budaya dan keterampilan, anak tunagrahita
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hermawan, M. Si.
2. Mohammad Anwar, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.