Penulis Utama : Isfan Fajar Satriyo
NIM / NIP : B3315010
×

ABSTRAK

Penulisan  Tugas  Akhir  ini  dilatar belakangi  oleh  sulitnya siswa  untuk menghafalkan kosakata dan kurangnya pelafalan yang tepat dalam pembelajaran bahasa Mandarin. Sehingga penulis memilih netode penggunaan role playing dengan penyampaian materi yang lebih mudah dan menyenangkan.

Teknik pengumpulan data dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumen yang dilakukan selama 4 bulan di SMK Negeri 1 Karanganyar kelas X Administrasi Perkantoran.

Hasil penulisan Tugas Akhir menunjukkan bahwa metode role playing dapat menjadi salah satu metode yang dapat meningkatkan daya ingat dan mempermudah siswa saat melafalkan kosakata. Kendala yang ditemui dalam penggunaan metode pembelajaran ini diantaranya siswa masih belum berani dan masih  kaku  untuk  memperagakan  peran  sangat  sulit  untuk  membenarkan pelafalan siswa karena mereka belum terbiasa berbicara dengan bahasa Mandarin. Upaya yang dilakukan adalah memotivasi peserta didik, berlatih membaca kosakata, kalimat dan dialog pendek dan berdiskusi dengan guru pamong sebelum memulai   kelas.  Kesimpulannya   metode   role   playing   dapat  meningkatkan pelafalan siswa dan daya ingat yang baik terhadap pembelajaran bahasa Mandarin.

Kata  Kunci:  Pelafalan,  Metode  Role  Playing,  Daya  Ingat,  Pembelajaran
Bahasa Mandarin

×
Penulis Utama : Isfan Fajar Satriyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3315010
Tahun : 2019
Judul : Penggunaan Metode Role Playing untuk Memperkuat Daya Ingat dan Mempermudah Pelafalan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Mandarin Kelas X Administrasi Perkantoran Smk Negeri 1 Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : -
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Bahasa Mandarin-B3315010-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Kristina Indah S R, B.Ed, MTCSOL
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.