Penulis Utama : Rahardina Zain Abidah
NIM / NIP : K7116150
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat (1) hubungan yang positif antara konsep diri dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi sebagai transfer of knowledge materi pecahan, (2) hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi sebagai transfer of knowledge materi pecahan, (3) hubungan yang positif antara konsep diri dan motivasi belajar dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi sebagai transfer of knowledge materi pecahan peserta didik kelas V sekolah dasar se gugus Ngurah Rai Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasi. Pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan populasi peserta didik kelas V sekolah dasar se-Gugus Ngurah Rai. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda.
Merujuk pada hasil analisis statistik, diperoleh koefisien korelasi ry1 sebesar 0.761 dengan model regresi ? = 55.99 + 2.1X1 dengan kontribusi sebesar 57.91%. Mengacu pada hal tersebut maka terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi sebagai transfer of knowledge materi pecahan. Koefisien korelasi ry2 sebesar 0.888 dengan persamaan regresi ? = 71.65 + 2.52X2 dengan kontribusi sebesar 78.8544%. Berlandaskan hal tersebut maka terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kemmapuan berpikir tingkat tinggi sebagai transfer of knowledge materi pecahan. Koefisien korelasi (ry1.2) sebesar 0.898 dengan model regresi ? = 100.2 + 0.63X1 + 2.03X2 memiliki kontribusi sebesar 80.6404%. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat hubungan antara konsep diri dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi sebagai transfer of knowledge materi pecahan.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan keilmuan dan dapat digunakan sebagai relevansi untuk penelitian serupa. Peserta didik kelas V juga diharapkan dapat mengembangkan konsep diri yang positif dan meningkatkan motivasi belajar sehingga kemampuan berpikir siswa tingkat tinggi dapat meningkat.

 

 

×
Penulis Utama : Rahardina Zain Abidah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116150
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Antara Konsep Diri dan Motivasi Belajar dengan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi sebagai Transfer of Knowledge Materi Pecahan (Studi Korelasi pada Kelas V Sekolah Dasar Gugus 4 Ngurah Rai Kecamatan Laweyan Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prodi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7116150-2020
Kata Kunci : Konsep Diri, Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, dan Peserta Didik Sekolah Dasar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Kamsiyati, M.Pd.
2. Anesa Surya, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.