Penulis Utama : Anis Rahmanuri
NIM / NIP : K7119031
×

Rahmanuri, Anis. K7119031. Pembimbing I: Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd. Pembimbing II: Anesa Surya, S.Pd., M.Pd. HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN VERBAL DAN DISPOSISI MATEMATIS DENGAN LITERASI MATEMATIKA (STUDI KORELASI PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS IV KECAMATAN GEMOLONG TAHUN AJARAN 2022/2023). Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat: (1) hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan verbal dengan literasi matematika; (2) hubungan yang positif dan signifikan antara disposisi matematis dengan literasi matematika; dan (3) hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan verbal dan disposisi matematis dengan literasi matematika pada peserta didik kelas V sekolah dasar gugus IV Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan cluster random sampling dengan populasi yaitu peserta didik kelas V sekolah dasar gugus IV Kecamatan Gemolong. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan tes dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi parsial dan korelasi ganda. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan verbal dengan literasi matematika yang diperoleh dari tobs = 5.085 > tt = 2.005; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disposisi matematis dengan literasi matematika yang diperoleh dari tobs = 2.603 > tt = 2.005; dan (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan verbal dan disposisi matematis dengan literasi matematika yang diperoleh dari Fobs = 19.230 > Ft = 3.168. Hasil penelitian ini dapat memperkaya wawasan keilmuan dan digunakan sebagai bahan kajian yang relevan untuk penelitian yang lebih mendalam. Peserta didik juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan verbal dan disposisi matematis sehingga literasi matematika dapat meningkat.
Kata kunci: literasi matematika, kemampuan verbal, disposisi matematis, peserta didik sekolah dasar

×
Penulis Utama : Anis Rahmanuri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119031
Tahun : 2023
Judul : Hubungan antara Kemampuan Verbal dan Disposisi Matematis dengan Literasi Matematika (Studi Korelasi pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Gemolong Tahun Ajaran 2022/2023)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : literasi matematika, kemampuan verbal, disposisi matematis, peserta didik sekolah dasar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd.
2. Anesa Surya, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Riyadi, M.Si.
2. Dwi Yuniasih Saputri, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.