Penulis Utama : Rizal Talentiano
NIM / NIP : K7120230
×

Rizal Talentiano. K7120230. Pembimbing I: Drs. Muh. Chamdani, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Achmad Basari Eko Wahyudi, M.Pd. ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI SITIBENTAR TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2024.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi bagaimana kemampuan literasi membaca peserta didik kelas IV SD Negeri Sitibentar tahun ajaran 2023/2024, (2) mengetahui kendala peningkatan kemampuan litearasi membaca peserta didik kelas IV SD Negeri Sitibentar, dan (3) mengetahui strategi untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca peserta didik Kelas IV SD Negeri Sitibentar tahun ajaran 2023/2024.

Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini meliputi informan yang terdiri dari kepala sekolah, guru, dan peserta didik kelas IV SD Negeri Sitibentar, tempat dan peristiwa yang diamati pada kegiatan observasi, hasil tes tulis dan lisan, serta studi dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik (1) observasi berpartisipasi pasif, (2) wawancara mendalam dengan guru dan peserta didik, (3) tes tulis dan tes lisan kemampuan literasi membaca, serta (4) studi dokumen. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi teknik dengan cara menggabungkan tiga teknik berbeda dalam pengumpulan data dari sumber yang sama. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri atas beberapa komponen proses analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat 9,1% peserta didik dengan kemampuan literasi membaca tingkat perlu intervensi khusus. Dalam tingkat ini peserta didik belum mampu menentukan dan mengambil informasi eksplisit. Terdapat 40,9% peserta didik dengan kemampuan literasi membaca tingkat dasar, Dalam tingkat ini peserta didik mampu menemukan dan mengambil informasi eksplisit dari teks atau indikator pertama. Terdapat 40,9% peserta didik dengan kemampuan literasi membaca tingkat cakap. Dalam tingkat ini peserta didik mampu menemukan ,mengambil informasi dan membuat interpretasi serta simpulan atau mampu dalam indikator pertama dan kedua, tapi kurang atau tidak mampu dalam indikator ketiga. Terdapat 9,1% peserta didik dengan kemampuan literasi membaca tingkat mahir. Dalam tingkat ini peserta didik sudah mampu dalam ketiga indikator penilaian, atau mampu menemukan dan mengambil informasi, membuat interpretasi dan simpulan serta mampu mengevaluasi dan refleksi isi teks. Kedua, kendala yang ditemukan adalah belum adanya gedung perpustakaan, koleksi buku yang kurang memadai, sudut baca dan lingkungan yang kurang bahan bacaa, dan pembiasaan yang kurang rutin dilaksanakan. Ketiga, strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan literasi membaca adalah melakukan pembelajaran berbasis literasi, pembiasaan 15 menit membaca, Menara sarana dan lingkungan kaya literasi, dan menciptakan lingkungan kaya teks.

Simpulan penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Sitibentar memiliki kemampuan literasi membaca kategori sedang dengan 11 dari 22 atau 50% peserta didik memenuhi kompetensi minimum. 

×
Penulis Utama : Rizal Talentiano
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7120230
Tahun : 2024
Judul : ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI SITIBENTAR TAHUN AJARAN 2023/2024
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Literasi, Kemampuan Literasi Membaca, Peserta Didik Sekolah Dasar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muh. Chamdani, M.Pd
2. Dr. Achmad Basari Eko Wahyudi, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Suhartono, M.Pd
2. Dr. Moh Salimi, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.