Penulis Utama : Rina Diana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S201602004
Tahun : 2018
Judul : Efektivitas Pemberian Eksosom Media Terkondisi Sel Punca Mesenkimal Wharthon’s Jelly pada Migrasi dan Proliferasi Fibroblas yang dituakan (Studi In Vitro)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana, Prodi. Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin- S201602004- 2018
Subyek : EKSOSOM MEDIA TERKONDISI SEL PUNCA MESENKIMAL WHARTON JELLY, FIBROBLAS YANG DITUAKAN, MIGRASI, PROLIFERASI.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Latar Belakang
Eksosom adalah salah satu komunikator interseluler yang paling kuat, yang mampu berkomunikasi dengan sel yang berdekatan atau jauh. Eksosom yang didapatkan dari media terkondisi sel punca mesenkimal wharton jelly (WJ) memiliki ekspresi protein, faktor pertumbuhan dan micro Ribo Nucleic Acid (miRNA) yang berhubungan dengan penyembuhan luka. Fibroblas yang dituakan dapat digunakan untuk mengevaluasi efek penyembuhan luka secara in vitro, melalui migrasi dan proliferasi fibroblas.
Tujuan
Untuk mengetahui efektivitas eksosom media terkondisi sel punca mesenkimal WJ terhadap migrasi dan proliferasi pada kultur fibroblas yang dituakan.
Metode Penelitian
Penelitian eksperimental laboratoris post test only control group design dengan membandingkan eksosom media terkondisi sel punca mesenkimal WJ 1%, 0,1?n 0,01% dibandingkan dengan kontrol (DMEM + FBS 1%) pada kultur fibroblas yang dituakan. Uji migrasi dilakukan menggunakan scratch assay lalu diukur menggunakan software image J, sedangkan proliferasi dihitung menggunakan teknik dye exclusion test dengan pengecatan trypan blue lalu dihitung dengan hemositometer. Analisis data migrasi dan proliferasi dilakukan menggunakan SPSS 22 menggunakan uji one way annova untuk data dengan distribusi normal, serta uji kruskal wallis untuk distribusi tidak normal.
Hasil
Perbedaan yang signifikan terlihat pada laju migrasi eksosom media terkondisi sel punca mesenkimal WJ 0,01?ngan  kontrol dan kelompok eksosom WJ 0, 01?ngan 1% di semua waktu (p<0>0.05). Perhitungan proliferasi pada jam ke-6, 12 dan 48  menunjukkan signifikansi antar kelompok eksosom WJ 0, 01?ngan eksosom WJ 1% , 0, 1?n kontrol, namun tidak signifikan saat perbandingan antara kelompok eksosom WJ 1?ngan eksosom WJ 0, 1?n kontrol serta saat dibandingkan antara eksosom WJ 0, 1?ngan kontrol.  

 

Kesimpulan
Eksosom media terkondisi sel punca mesenkimal WJ 0,01?ektif secara signifikan dibandingkan seluruh kelompok terhadap migrasi dan proliferasi kultur fibroblas yang dituakan.

Kata kunci: eksosom media terkondisi sel punca mesenkimal Wharton jelly, fibroblas yang dituakan, migrasi, proliferasi.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Pernyataan persetujuan publikasi.pdf
Halaman awal.pdf
Bab 1.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. dr. Indah Julianto Sp. KK (K)
2. dr. Muh Eko Irawanto, Sp. KK
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana