Penulis Utama : Ahmad Fiqri
NIM / NIP : S201608001
×

Latar belakang: Penuaan pada kulit merupakan proses penurunan fungsi dan cadangan kapasitas makhluk hidup, yang dapat disebabkan oleh faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor ekstrinsik yang utama seperti paparan sinar ultraviolet B (UVB) dapat menyebabkan photoaging yang merusak DNA sel pada kulit dan menyebabkan degradasi kolagen. Terapi berbasis sel seperti eksosom diketahui berperan sebagai agen terapeutik dalam perannya menghambat penuaan kulit. Eksosom sel punca media terkondisi Wharton' Jelly (Eksosom WJ) memiliki kelebihan dibandingkan sel punca lainnya sebagai agen terapi.  

Tujuan: Membuktikan pengaruh pemberian eksosom media terkondisi sel punca mesenkim Wharton's Jelly dalam memperbaiki deposisi kolagen pada kulit tikus jantan galur Wistar yang dituakan

Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorik pre dan post test control group design menggunakan hewan uji tikus jantan galur Wistar sebanyak 27 tikus yang dibagi menjadi 3 kelompok secara acak. Kelompok A sebagai kontrol diberikan phosphate buffer saline (PBS) 0.1ml, kelompok B diberikan injeksi eksosom WJ 0.75mcg, kelompok C diberikan injeksi eksosom WJ 1.5mcg. Semua kelompok dipapar dengan penyinaran UVB 3x seminggu selama 4 minggu dengan dosis total 840 mJ/cm2. Pemeriksaan kolagen menggunakan pengecatan Trichrome Masson dan aplikasi Image J dalam menilai efek terapi. Analisis data menggunakan uji Chi square, Kruskal Wallis dan Mann Whitney.

Hasil: Analisis pemberian eksosom WJ menggunakan uji Chi square menunjukkan adanya kesesuaian antar kelompok yang bermakna terhadap deposisi kolagen pra dan pascaperlakuan [p = 0.018 (<0>Kruskal Wallis memberikan perbedaan yang signifikan pada ketiga kelompok. Pada uji Mann Whitney didapatkan perbedaan signifikan antara kontrol dengan kelompok B (p=0.001 <0 p=0.000>Image J menunjukkan rerata deposisi kolagen tertinggi pada kelompok C.

Kesimpulan: Pemberian eksosom media terkondisi sel punca WJ berpengaruh dalam memperbaiki deposisi kolagen pada kulit tikus galur Wistar yang dipapar sinar UVB.

Kata Kunci: sinar UVB, eksosom, Wharton Jelly, kolagen

×
Penulis Utama : Ahmad Fiqri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S201608001
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Pemberian Eksosom Media Terkondisi Sel Punca Mesenkim Wharton’s Jelly terhadap Deposisi Kolagen pada Kulit Tikus Galur Wistar yang Dituakan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Kedokteran - 2021
Program Studi : PPDS Penyakit Kulit dan Kelamin
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-S201608001
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suci Widhiati, Sp.KK
2. Dr. dr. Prasetyadi Mawardi, Sp.KK
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.