Penulis Utama : Febrianita Ratna Sari Widyastuti
NIM / NIP : D1816047
×

ABSTRAK

Salah satu dampak negatif di era globalisasi adalah ancaman terbesar bagi anak-anak untuk mengunjungi perpustakaan, seperti aplikasi permainan di Hand Phone dan tayangan televisi. Tujuan dari layanan anak disini adalah memotivasi anak-anak agar mau berkunjung ke perpustakaan, menambah minat baca anak, meningkatkan pengetahuan anak. Mengajak anak-anak untuk menanamkan dan mengembangkan kebiasaan dalam mengenal perpustakaan dan membaca sejak usia dini.

Perpustakaan adalah sebuah ruangan, bagian, atau sub bagian dari sebuah gedung atau pun gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku, biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu serta digunakan untuk anggota perpustakaan.

Layanan anak adalah pelayanan perpustakaan yang ditujukan untuk anak sampai berumur 12-13 tahun, yang di dalamnya sudah termasuk pengembangan koleksi untuk remaja, lapsit services, mendongeng, membantu pengajaran dalam mengerjakan tugas, program summer reading, dan biasanya disediakan oleh pustakawan anak di ruang anak yang ada di perpustakaan umum.

Layanan anak yang ada di Perpustakaan Umum Kabupaten Sukoharjo, diantaranya: layanan storytelling, layanan audio visual, layanan mainan mandiri atau permainan edukasi, layanan peminjaman dan pengembalian bahan pustaka untuk anak, layanan wisata pustaka. Kendala yang dihadapi layanan anak di Perpustakaan Umum Kabupaten Sukoharjo, diantaranya: kurangnya sumber daya manusia (SDM), ruangan untuk layanan anak belum memadai, dan fasilitas permainan anak masih kurang memenuhi. Manfaat adanya layanan anak bagi setiap anak, yaitu: (1) Anak-anak menjadi lebih mengenal tentang perpustakaan. (2) Mengenalkan perpustakaan sejak dini dapat menumbuhkan minat baca anak untuk kedepannya. (3) Anak-anak mendapatkan ilmu-ilmu pengetahuan atau informasi-informasi yang mereka butuhkan. (4) Anak-anak dapat menjadikan perpustakaan sebagai media relaksasi.

Keyword: Layanan anak, Perpustakaan, dan Manfaat layanan anak.

×
Penulis Utama : Febrianita Ratna Sari Widyastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1816047
Tahun : 2019
Judul : Layanan Anak di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2019
Program Studi : D-3 Perpustakaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ilmu Sosial dan Politik-Program Diploma III Perpustakaan-D1816047-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Anggita Sari Pramiardani, S.S., M.I.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.