Penulis Utama : Gandung Verdina Wibisono
NIM / NIP : R0016045
×

Abstrak

Latar Belakang : Terciptanya kondisi yang nyaman dan aman untuk bekerja merupakan fungsi dari penerapan Hazard Identification Risk Asessment And Determining Control (HIRADC). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan Hazard Identification Risk Asessment And Determining Control (HIRADC) pada aktivitas kerja di area AluFoil Machine PT. Bukit Muria Jaya Kudus dan membandingkan kesesuaian dengan SMK3 elemen 2.1.3 yang menyebutkan bahwa rencana K3 sekurang-kurangnya berdasarkan tinjauan awal, identifikasi potensi bahaya, penilaian, pengendalian risiko, dan peraturan undangundang.
Metode : Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif yaitu menggambarkan potensi bahaya pada aktivitas kerja di area AluFoil Machine PT. Bukit Muria Jaya Kudus dengan penilaian ke lapangan, wawancara kepada user area, dan studi kepustakaan sehingga dapat melakukan identifikasi bahaya, penilaian risiko, dan upaya pengendaliannya.
Hasil : Tempat kerja terdapat aktivitas kerja yang memiliki potensi dan factor bahaya. Untuk mencegah terjadinya kecelakaan diperlukan identifikasi bahaya, penilaian risiko, serta menentukan langkah pengendaliannya.
Simpulan : Perusahaan belum melakukan pengendalian dan pemenuhan undangundang yang berlaku sehingga hal ini belum sesuai dengan SMK3 elemen 2.1.3 yang menyebutkan bahwa rencana K3 sekurang-kurangnya berdasarkan tinjauan awal, identifikasi potensi bahaya, penilaian, pengendalian risiko, dan peraturan undang-undang.
Kata Kunci : Hazard Identification Risk Assessment and Determining Control

 

×
Penulis Utama : Gandung Verdina Wibisono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0016045
Tahun : 2019
Judul : Analisis Penerapan Hazard Identification Risk Assessment and Determining Control (HIRADC) pada Aktivitas Kerja di Area Alufoil Machine PT. Bukit Muria Jaya Kudus Jawa Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja-R0016045-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Reni Wijayanti, dr.,M.Sc
2. Fresthy Astrika Yunita, S.ST., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.