Penulis Utama : Kurnia Nur Rochman
NIM / NIP : K3312043
×

Tujuan penelitian ini untuk (1) meningkatkan percaya diri siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam kegiatan pembelajaran materi laju reaksi, (2) meningkatkan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam kegiatan pembelajaran materi laju reaksi. 
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017. Sumber data adalah siswa dan guru. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dokumen, angket penilaian diri dan tes. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif. 
Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada pembelajaran materi laju reaksi dapat meningkatkan percaya diri siswa kelas XI MIA 5. Ketercapaian percaya diri siklus I sebesar 66,67% dan siklus II meningkat menjadi 80,56%, (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada pembelajaran materi laju reaksi, dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI MIA 5 ditunjukkan dari aspek pengetahuan siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 52,8% dan siklus II meningkat menjadi 80,56%. Aspek sikap siklus I ketercapaiannya sebesar 91,67% dan siklus II ketercapaian 100%. Aspek keterampilan dilaksanakan satu siklus dengan ketercapaian sebesar 100%.

Kata Kunci: Numbered Head Together (NHT), Percaya Diri, Prestasi Belajar, Laju Reaksi

×
Penulis Utama : Kurnia Nur Rochman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3312043
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) sebagai Upaya Peningkatan Rasa Percaya Diri dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Program Studi Pendidikan Kimia-K3312043-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Utami, S.Pd, M.Pd
2. Dr.Suryadi Budi Utomo,M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.