Penulis Utama : Yulidta Timory
NIM / NIP : R0215106
×

Abstrak

Latar Belakang : Aktivitas yang berat serta lingkungan kerja yang panas menyebabkan pekerja banyak mengeluarkan cairan dan menyebabkan kelelahan. Air kelapa muda merupakan minuman isotonik alami yang memiliki elektrolit alami yang mampu membantu proses rehidrasi tubuh dengan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian air kelapa muda (cocos nucifera) terhadap tingkat kelelahan kerja pada pekerja pembuat gamelan di Pusat Gamelan Wirun Sukoharjo.
Metode : Jenis penelitian ini adalah quasi experiment one group pre test and post test designs, dengan desain one group pretest posttest design. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling, pada tenaga kerja bagian produksi di Pusat Gamelan Wirun Sukoharjo sebesar 30 sampel. Penelitian ini menggunakan alat reaction timer untuk mengukur kelelahan pekerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon.
Hasil : Terjadi penurunan tingkat kelelahan kerja setiap harinya. Nilai rata-rata kelelahan awal dan akhir yaitu 455,97 mili/detik dan 245,80 mili/detik. Hasil uji wilcoxon menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari pemberian air kelapa muda (cocos nucifera) terhadap tingkat kelelahan kerja pada pekerja pembuat gamelan di Pusat Gamelan Wirun Sukoharjo dengan p-value = 0,000.
Simpulan : Terdapat pengaruh yang signifikan pada nilai rata-rata pemberian air kelapa muda (cocos nucifera) terhadap penurunan tingkat kelelahan kerja.
Kata Kunci : Air Kelapa Muda (Cocos Nucifera), Kelelahan Kerja

×
Penulis Utama : Yulidta Timory
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0215106
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Pemberian Air Kelapa Muda (Cocos Nucifera) Terhadap Tingkat Kelelahan Kerja pada Pekerja Pembuat Gamelan di Pusat Gamelan Wirun Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog DIV Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0215106-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Mujahidatul Musfiroh, S.Kep., Ns., M.Si.Med
2. Reni Wijayanti, dr., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.