Penulis Utama : Ameylia Cahyadewi
NIM / NIP : R0214009
×


ABSTRAK

Latar Belakang : Lingkungan kerja yang tidak memenuhi syarat seperti intensitas kebisingan dan iklim kerja panas diatas NAB dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara Kebisingan  dan  Tekanan  Panas  terhadap     Kelelahan  pada  Pekerja  Industri Gamelan Bekonang Sukoharjo.

Metode : Penelitian ini dilaksanakan di Industri Gamelan Bekonang Sukoharjo dengan menggunakan 50 sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan cara pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah  simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner untuk mengetahui karakteristik responden, pengukuran kebisingan dengan menggunakan Sound Level Meter, pengukuran iklim kerja panas dengan Heat Stress Area Monitor, dan pengukuran kelelahan kerja dengan  Reaction  Timer.  Teknik  pengolahan  dan  analisis  data dilakukan dengan uji statistik sommers’d untuk analisis bivariat dan uji multivariat menggunakan regresi logistik ganda dengan program komputer SPSS versi 23.0.

Hasil : Hasil uji hubungan antara intensitas kebisingan terhadap kelelahan kerja diketahui bahwa nilai p= 0,023<0 xss=removed xss=removed>11,422 lebih tinggi dibandingkan seseorang yang tidak terpapar kebisingan dan hubungan iklim kerja panas dengan kelelahan kerja memiliki p= 0,22 yang artinya terdapat  hubungan  antara iklim  kerja panas  terhadap  kelelahan  kerja  dan  OR
11,866 sehingga dapat dikatakan seseorang yang terpapar iklim kerja panas lebih berisiko mengalami kelelahan kerja 11,866 lebih tinggi dibandingkan seseorang yang tidak terpapar iklim kerja panas. Intensitas kebisingan memiliki nilai OR lebih tinggi daripada iklim kerja panas, maka iklim kerja panas merupakan faktor yang lebih besar sebagai penyebab kelelahan pada pekerja.

Kesimpulan : Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara intensitas kebisingan dan iklim kerja panas terhadap kelelahan kerja.

Kata Kunci : Intensitas Kebisingan, Iklim Kerja Panas, Kelelahan Kerja

 

×
Penulis Utama : Ameylia Cahyadewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0214009
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Intensitas Kebisingan dan Iklim Kerja Panas terhadap Kelelahan Kerja pada Pekerja Industri Gamelan Bekonang Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran, Prog. Studi Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R.0214009 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tutug Bolet Atmojo, S.KM., M.Si
2. Istar Yuliadi, dr,. M.Si, FIAS
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.