Penulis Utama : Marfuah Dwi Sarwanti
NIM / NIP : K7116107
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada peserta didik kelas IV SD Negeri Kerten 2 Surakarta melalui penerapan model pembelajaran kolaboratif tipe Academic Constructive Controversy.

Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui model siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan empat tahap yakni perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini ialah 14 peserta didik kelas IV SD Negeri Kerten 2 Surakarta tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini iala observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan validitas isi dan triangulasi teknik. Teknik analisis data pada penelitian menggunakan model Miles & Huberman (pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pemeriksaan data).

Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kolaboratif tipe Academic Constructive Controversy  pada peserta didik kelas IV SD Negeri Kerten 2 tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 14 peserta didik.Siklus pertama menghasilkan indikator rata-rata 39,26 dan penelitian dilanjutkan dengan siklus kedua dengan rata-rata 50,92 hingga siklus ketiga mengalami peningkatan 64,15.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat dimasukkan bahwa keterampilan berbicara di kelas empat. siswa Sekolah Dasar Kerten II Surakarta pada tahun akademik 2019/2020 dapat ditingkatkan melalui jenis model pembelajaran kolaboratif tipe Academic Constructive Controversy

Kata Kunci: keterampilan berbicara, model pembelajaran kolaboratif tipe Academic Constructive Controversy

 

×
Penulis Utama : Marfuah Dwi Sarwanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116107
Tahun : 2020
Judul : Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Model Pembelajaran Academic Constructive Controversy pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Kerten II Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7116107-2020
Kata Kunci : keterampilan berbicara, model pembelajaran kolaboratif tipe Academic Constructive Controversy
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hartono, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.