Penulis Utama : Gregorie De Gracela
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0115047
Tahun : 2019
Judul : TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (APBDesa) (Studi Deskriptif Pada Desa Randusari, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali)
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - F. ISIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Prog. Ilmu Administrasi Negara-D0115047-2019
Subyek : ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (APBDES), AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Gregorie de Gracela. D0115047. TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (APBDes) (STUDI DESKRIPTIF PADA DESA RANDUSARI, KECAMATAN TERAS, KABUPATEN BOYOLALI). SKRIPSI (S-1). Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2019. 104 Halaman.
Transparansi dan akuntabilitas masih merupakan masalah utama di Indonesia, terutama dalam organisasi-organisasi publik. Kedua hal tersebut diperlukan untuk menghindari penyelewengan seperti, korupsi, kolusi dan nepotisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transparansi dan akuntabilitas pengelolaan APBDes di Desa Randusari Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dimana data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan model interaktif.
Hasil riset menunjukkan bahwa pengelolaan APBDes di Desa Randusari sudah transparan dan akuntabel. Pengelolaan APBDes yang transparan ditunjukkan dengan tersedianya informasi terkait pengelolaan APBDes, penyampaian informasi secara langsung kepada warga melalui kegiatan tilik dukuh rembug warga, keterbukaan Pemerintah Desa Randusari dalam menerima keluhan warga dan kerjasama dengan pihak lain dalam menginformasikan APBDes Randusari. Adapun pengelolaan APBDes yang akuntabel ditunjukkan dengan kesediaan Pemerintah Desa Randusari untuk menampung aspirasi dari warga yang akan dimasukkan dalam rencana kerja pemerintah  desa, menyusun laporan pertanggungjawaban pengelolaan APBDes dan pelaksanaan program pembangunan bersama warga. Keberhasilan pengelolaan APBDes yang transparan dan akuntabel tidak terlepas dari dukungan berbagai elemen dari Kepala Desa, Perangkat Desa sampai dengan unsur masyarakat.

Kata kunci: Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), Akuntabilitas, Transparansi.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
PENGESAHAN.pdf.pdf
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA 1-3.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Desiderius Priyo Sudibyo, M.Si.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP