Penulis Utama : Raden Andi Ario Tedjo
NIM / NIP : S551508002
×

Abstrak

Latar Belakang : Diabetes melitus (DM) adalah penyakit kronis, berat yang terjadi ketika pankreas tidak menghasilkan cukup insulin (hormon yang mengatur gula atau glukosa darah), atau ketika tubuh tidak dapat secara efektif menggunakan insulin yang dihasilkannya. Neuropati merupakan komplikasi jangka panjang yang paling banyak dari DM, mengenai hampir separuh dari penderita DM. Neuropati diabetik perifer (NDP) merupakan salah satu sindrom neuropati paling sering muncul yang disebabkan oleh DM, terhitung kurang lebih 75?ri ND.

Tujuan Penelitian : Menganalisis pengaruh lama menderita dan kadar HbA1c terhadap derajat keparahan neuropati diabetik perifer pada pasien diabetes melitus tipe 2 di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

Metode Penelitian : Studi ini menggunakan desain potong lintang. Populasi subjek penelitian adalah pasien DM tipe 2 dan diperoleh (n) 60 orang dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditentukan. Diagnosis NDP didapatkan dengan gejala dan pemeriksaan klinis. Kemudian dilakukan pemeriksaan klinis sesuai dengan kuesionar mTCNS.

Hasil : Derajat keparahan neuropati diabetik perifer yang diwakili dengan skor mTCNS berhubungan signifikan secara statistik dengan kadar HbA1c (p=0.000) dan lama menderita (p=0.014) pada uji regresi linear multivariat. HbA1c dapat meningkatkan skor mTCNS sebesar 1,796 (1,334 – 2,258) kali lebih tinggi. Sedangkan lama menderita dapat meningkatkan skor mTCNS sebesar 0,175 (0,037 – 0.312) kali lebih tinggi.

Simpulan : Terdapat hubungan yang signifikan secara statistik antara lama menderita dan kadar HbA1c terhadap derajat keparahan neuropati diabetik perifer pada pasien diabetes melitus tipe 2 di RSUD Dr. Moewardi Surakarta

Kata Kunci : Derajat keparahan neuropati diabetik perifer, skor mTCNS, kadar HbA1c, lama menderita

×
Penulis Utama : Raden Andi Ario Tedjo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S551508002
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Lama Menderita dan Kadar HBA1C terhadap Derajat Keparahan Neuropati Diabetik Perifer pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di RSUD Dr. Moewardi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : PPDS Ilmu Penyakit Saraf
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Penyakit Syaraf PPDSI-S551508002-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. dr. Oemar Sri Hartanto, Sp.S (K).
2. Dr. dr. Hari Wujoso, Sp.F(K).
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.