Penulis Utama : Reza Aji Arafadh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2515060
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Penggunaan Ferrite Bead Dan Variasi Jenis Busi Terhadap Emisi Gas Buang Co Dan Hc Pada Sepeda Motor Yamaha Soul Gt Tahun 2012
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.KIP Program Studi Pendidikan Teknik Mesin-K2515060-2019
Subyek : EMISI GAS BUANG CO DAN HC, FERRITE BEAD, VARIASI JENIS BUSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan Ferrite Bead terhadap emisi gas buang CO dan HC pada sepeda motor Yamaha Soul GT tahun 2012. (2) Pengaruh penggunaan variasi jenis busi terhadap emisi gas buang CO dan HC pada sepeda motor Yamaha Soul GT tahun 2012. (3) Interaksi pengaruh penggunaan Ferrite Bead dan variasi jenis busi terhadap emisi gas buang CO dan HC pada sepeda motor Yamaha Soul GT tahun 2012.
Penelitian ini merupakan tipe kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian dilakukan di Laboratorium Kantor Dinas Perhubungan Kota Surakarta yang beralamat di Jl. Menteri Supeno No.7, Manahan, Banjarsari, Surakarta. Alat untuk mengukur gas buang CO dan HC adalah gas analyzer merk KOREA IYASAKA (TYPE AET-4000Q). Subjek dalam penelitian ini adalah sepeda motor Yamaha Soul GT tahun 2012.
Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan: (1) Penggunaan ferrite bead dapat menurunkan kadar emisi gas buang CO dan HC pada sepeda motor Yamaha Soul GT Tahun 2012. Hasil pengujian tanpa penggunaan Ferrite Bead menghasilkan kadar emisi gas buang CO dan HC sebesar 0,61% (CO) dan 122,67 ppm (HC). Sedangkan pada pengujian penggunaan Ferrite Bead dekat busi diperoleh kadar emisi gas CO dan HC sebesar 0,53% (CO) dan 101 ppm (HC), dan pada pengujian penggunaan Ferrite Bead dekat koil diperoleh kadar emisi gas buang CO dan HC sebesar 0,60% (CO) dan 122,67 ppm (HC). (2) Penggunaan variasi jenis busi dapat menurunkan kadar emisi gas buang CO dan HC pada sepeda motor Yamaha Soul GT Tahun 2012. Hasil pengujian menggunakan busi Standart (C7HSA) menghasilkan kadar emisi gas buang CO dan HC sebesar 0,61?n 122,67 ppm (HC). Sedangkan pada pengujian menggunakan busi Platinum (CR7HGP) diperoleh kadar emisi gas buang CO dan HC sebesar 0,59% (CO) dan 131,33 ppm (HC), dan pada pengujian menggunakan busi Iridium (NGK CR6HIX) diperoleh kadar emisi gas buang CO dan HC sebesar 0,60% (CO) dan 93,67 ppm (HC). (3) Interaksi penggunaan ferrite bead dan variasi jenis busi dapat menurunkan kadar emisi gas buang CO dan HC pada sepeda motor Yamaha Soul GT Tahun 2012. Hasil pengujian menunjukan kadar emisi gas buang CO dan HC terendah yaitu pada penggunaan Ferrite Bead dekat busi dan penggunaan busi Iridium (NGK CR6HIX) dengan hasil kadar emisi gas buang terendah yaitu 0,45% untuk CO dan 80 ppm untuk HC.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN SAMPUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ranto, M.T
2. Ir. Husin Bugis, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP