Penulis Utama : Febru Pudiasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0415020
Tahun : 2019
Judul : Analisis Pembangunan Ulang Tembok Perbatasan Amerika Serikat-Meksiko sebagai Bentuk Sekuritisasi pada Masa Presiden Donald Trump
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jur. Hubungan Internasional-D0415020-2019
Subyek : AMERIKA SERIKAT, IMIGRAN ILEGAL, MEKSIKO, PARADIGMA REALISME, SEKURITISASI, TEMBOK PERBATASAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Semenjak pemilihan Trump menjadi Presiden Amerika Serikat ke-45, muncul berbagai pernyataan mengenai pembangunan tembok perbatasan. Terlebih mengenai ancaman yang datang dari Meksiko yang kerap ia sampaikan, Trump mendiskreditkan imigran Meksiko banyak mendatangkan imigran ilegal dan penyeludupan narkoba. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pembangunan ulang tembok perbatasan Amerika Serikat-Meksiko sebagai bentuk sekuritisasi menggunakan Paradigma Realisme, dengan konsep national security, rational choice, dan national interest dengan menggunakan kerangka 4Ps power, peace, prosperity, dan principle. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif, serta menggunakan teknik pengumpulan data non-grounded research melalui studi pustaka. Sumber data primer dari penelitian ini berasal dari website resmi Pemerintahan Amerika Serikat, sedangkan sumber data sekunder berasal dari artikel jurnal, buku, serta internet. Penulis membatasi penelitian ini  pada saat Presiden Donald Trump terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat hingga mengeluarkan mendeklarasikan keadaan darurat.
Hasil penelitian ini menunjukkan apabila kebijakan Donald Trump  membangun ulang tembok perbatasan dipengaruhi oleh penasihat politiknya Sam Nunberg dan Roger Stone. Di awal pemerintahannya, Trump berhasil memperoleh dana dari kongres sebesar $1,7 miliar, $1,375 miliar sebagai pengganti shutdown. Sebagai hasilnya, Trump mampu merealisasikan janjinya memperkuat perbatasan Amerika Serikat-Meksiko, meskipun perbatasan tersebut belum sepenuhnya dibangun. Sekuritisasi yang dilakukan Pemerintahan Trump bekerja cukup efektif, di sektor Yuma, Arizona, penyeberang perbatasan mengalami penurunan 90%. Di kongres, Trump mendapatkan banyak dukungan dari kaum konservatif republik.

Kata Kunci : Amerika Serikat, Imigran Ilegal, Meksiko, Paradigma Realisme, Sekuritisasi, Tembok Perbatasan

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ign. Agung Satyawan, SE, S.Ikom., M.Si, Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP