Penulis Utama : Satria Dhimas Santosa
NIM / NIP : K1214054
×

ABSTRAK

Penelitihan ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) Diksi atau pilihan kata yang terdapat pada puisi-puisi dalam kumpulan puisi Habis Gelap Terbitlah Sajak; (2) gaya bahasa yang terdapat pada puisi-puisi dalam kumpulan puisi Habis Gelap Terbitlah Sajak; (3) citraan yang terdapat pada puisi-puisi dalam kumpulan puisi Habis Gelap Terbitlah Sajak; dan (4) nilai pendidikan karakter yang terkandung pada puisi-puisi dalam kumpulan puisi Habis Gelap Terbitlah Sajak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif dengan content analysis. Sumber data berupa dokumen puisi-puisi Habis Gelap Terbitlah Sajak karya Penyair Indonesia. Adapun teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu purposive sampling berupa puisi-puisi dalam kumpulan puisi Habis Gelap Terbitlah Sajak karya Penyair Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara content alnaysis. Uji validitas data dengan teknik triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis jalinan atau mengalir.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, kajian stilistika pada kumpulan puisi Habis Gelap Terbitlah Sajak berupa diksi atau pilihan kata yang didominasi oleh kata sapaan khas dan nama diri (36) yang dapat menciptakan keindahan dalam msing-masing puisi. Kedua, gaya bahasa yang didominasi oleh gaya bahasa sinpoke (19), repetisi (13), dan alegori (9) yang mampu memberi efek estetis, khas, serta memberi penegasan. Ketiga, citraan yang didominasi oleh citra gerak (12) yang mampu merangsang pembaca atau pendengar seolah-olah ikut melakukan suatu gerakan. Keempat, nilai-nilai pendidikan karakter yang didominasi oleh nilai religius (3), nilai peduli sosial (2), dan cinta damai (3) yang diharapkan dapat membentuk karakter pembaca atau pendengar.
Kata kunci: stilistika, puisi, majas, diksi, citraan, pendidikan karakter

 

×
Penulis Utama : Satria Dhimas Santosa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1214054
Tahun : 2019
Judul : Analisis Stilistika dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Puisi Habis Gelap Terbitlah Sajak Karya Penyair Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-K1214054-2019
Kata Kunci : stilistika, puisi, majas, diksi, citraan, pendidikan karakter
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Rohmadi, M. Hum,
2. Dr. RR Elisabeth Nugraheni Eko Wardani, M. Hum,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.