Penulis Utama : Duwi Krismawati
NIM / NIP : K1218020
×

Duwi Krismawati. K1218020. DIKSI, CITRAAN, DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM ANTOLOGI PUISI PAGI MENJADI IBU KARYA IBNU WAHYUDI SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PUISI DI SMA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2022. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan dan menjelaskan citraan yang terkandung dalam buku antologi puisi Pagi Menjadi Ibu karya Ibnu Wahyudi, (2) Mendeskripsikan dan menjelaskan diksi yang terkandung dalam buku antologi puisi Pagi Menjadi Ibu karya Ibnu Wahyudi, (3) Mendeskripsikan dan menjelaskan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku antologi puisi Pagi Menjadi Ibu karya Ibnu Wahyudi, (4) Mendeskripsikan pemanfaatan buku antologi puisi Pagi Menjadi Ibu karya Ibnu Wahyudi sebagai media pembelajaran puisi di SMA.

 

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode content analisis. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi dokumen berupa kumpulan puisi Pagi Menjadi Ibu karya Ibnu Wahyudi  dan informan yaitu guru pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Siswa Kelas X. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik analisis dokumen dan wawancara. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi teori dan triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis data interaktif, yang meliputi tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Prosedur penelitian yang dilakukan terdiri atas beberapa tahap yaitu tahap persiapan penelitian, tahap pelaksanaan penelitian, dan tahap penyusunan laporan penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan; (1) jenis citraan yang digunakan dalam buku puisi buku antologi puisi  Pagi Menjadi Ibu Karya Ibnu Wahyudi secara keseluruhan ditemukan berjumlah 35  data dengan rincian data pada citraan penglihatan 10 data, citraan pendengaran 7 data, citraan perabaan 3 data, citraan penciuman 4 data, citraan pengecapan 2 data, citraan gerak 9 data, (2) jenis diksi yang digunakan dalam buku antologi puisi  Pagi Menjadi Ibu Karya Ibnu Wahyudi keseluruhan ditemukan berjumlah 35 data dengan rincian data pada jenis diksi denotasi sebesar 15 data, jenis diksi konotasi sebesar 20, (3) nilai pendidikan karakter yang digunakan dalam buku antologi puisi Pagi Menjadi Ibu Karya Ibnu Wahyudi keseluruhan ditemukan sebanyak 8 data, (4) antologi puisi  Pagi Menjadi Ibu Karya Ibnu Wahyudi dapat digunakan serta layak sebagai salah satu media pembelajaran puisi yang relevan. 

 

 

×
Penulis Utama : Duwi Krismawati
Penulis Tambahan : 1. -
2.
NIM / NIP : K1218020
Tahun : 2022
Judul : Diksi, citraan, dan nilai pendidikan karakter dalam antologi puisi Pagi Menjadi Ibu karya Ibnu Wahyudi serta pemanfaatannya sebagai media pembelajaran puisi di SMA.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : puisi; diksi; citraan; nilai pendidikan karakter
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://DOI artikel jurnal/prosiding
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Ani Rakhmawati, M. A., Phd. D.
2. Dr. M. Rohmadi, M. Hum.
Penguji : 1. Dra. Ani Rakhmawati, M. A., Phd. D.
2. Dr. M. Rohmadi, M. Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.