Penulis Utama : Kusuma Nugraheni
NIM / NIP : K8115032
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui penerapan papercraft pada anak kelompok B TK Pertiwi Bendan III Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan data kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B berjumlah 15 anak yang terdiri dari 8 anak laki- laki dan 7 anak perempuan.
Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, unjuk kerja, dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa melalui penerapan papercraft, anak dapat mencapai indikator meniru bentuk, menggunting sesuai pola dan menempel gambar dengan tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart melalui empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilakukan sebanyak dua siklus.
Hasil penelitian yang dilakukan selama dua siklus pengamatan perkembangan kemampuan motorik halus anak kelompok B mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan papercraft, anak dapat mencapai indikator meniru bentuk, menggunting sesuai pola dan menempel gambar dengan tepat. Hasil penelitian peningkatan persentase ketuntasan kemampuan motorik halus anak  siklus  I diperoleh 53,3% atau sama dengan 8 anak dan siklus II diperoleh  80% atau 12 anak. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran papercraft dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B TK Pertiwi Bendan III Tahun Ajaran 2018/2019.
Kata kunci : Kemampuan motorik halus, papercraft, anak kelompok B.

 

×
Penulis Utama : Kusuma Nugraheni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8115032
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Papercraft untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B TK Pertiwi Bendan III Boyolali Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PG PAUD-K8115032-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Adriani Rahma Pudyaningtyas, S.Psi., MA.
2. Novita Eka Nurjanah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.