Penulis Utama : Pradhita Rizka Ayu Harini
NIM / NIP : K8114051
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia 5-6 tahun di RA Baitussalam Gadingan melalui penerapan kegiatan montase dengan teknik tempel manual. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini terdiri 3 tahap yaitu mennggunting sesuai dengan pola, menempel gambar dengan tepat, dan melakukan eksplorasi melalui berbagai media dan kegiatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus.

Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B1 RA Baitussalam Gadingan tahun ajaran 2018/2019. Jumlah anak di kelas B1 RA Baitussalam Gadingan adalah 23 anak, 9 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumenasi, dan tes. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada kemampuan motorik halus anak melalui penerapan kegiatan montase dengan teknik tempel manual, yaitu persentase ketuntasan pada pratindakan sebesar 34,79% , peningkatan kemampuan motorik halus siklus I sebesar 60,81% , dan peningkatan kemampuan motorik halus siklus II sebesar 82,6%. Indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan motorik halus pada anak antara lain menggunting sesuai dengan pola, menempel gambar dengan tepat, dan melakukan kegiatan eksplorasi melalui berbagai media dan kegiatan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah melalui kegiatan montase dengan teknik tempel manual dapat meningkatkan kemampaun motorik halus pada anak usia 5-6 tahun di RA Baitussalam Gadingan tahun ajaran 2018/2019.

 

×
Penulis Utama : Pradhita Rizka Ayu Harini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8114051
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Kegiatan Montase dengan Teknik Tempel Manual untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Baitussalam Gadingan Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. PGPAUD-K8114051-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Siti Wahyuningsih, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.