Penulis Utama : Sri Wulandari
NIM / NIP : K8115059
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan literasi keluarga dan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua dan anak usia 4-5 tahun di PAUD Terpadu Islam Diponegoro. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah  random sampling, yang memilih 56 orang tua dan anak usia 4-5 tahun sebagai subjek penelitian.
Penelitian ini menggunakan metode korelasional untuk mencari hubungan antara literasi keluarga dan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket untuk mengukur literasi keluarga, dan teknik test untuk mengukur tingkat perkembangan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun. Analisis data mengunakan uji korelasi pearson product moment
Hasilpenelitianadalah sebagai berikut ini. Pertama hasil uji korelasi pearson liproduct moment  diperoleh nilai signifikansi  dengan nilai signifikansi sebsar 0,000 > 0,05 yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara variabel literasi keluarga dan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun. Kedua nilai koefisien yang didapatkan berdasarkan perhitungan dengan korelasi pearson product moment sebesar 0,850. Nilai tersebut tergolong dalam kategori sangat kuat  yaitu antara 0,80- 1,000. Artinya hubungan literasi keluarga dan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun memiliki hubungan yang sangat kuat. Ketiga berdasarkan hasil uji koefisien korelasi 0,850 yang menunjukkan tanda positif (+) yang artinya bahwa arah hubungan antara kedua variabel adalah searah. Artinya apabila nilai salah satu variabel tinggi maka variabel lain akan meningkat.
Kata Kunci : Literasi Keluarga, Keaksaraan Awal, Anak Usia 4-5 Tahun

×
Penulis Utama : Sri Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8115059
Tahun : 2019
Judul : Hubungan Literasi Keluarga dan Keaksaraan Awal Anak Usia 4-5 Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PG PAUD-K8115059-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Warananingtyas Palupi,S.Sn.,MA.
2. Ruli Hafidah, S.Pd., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.