Penulis Utama : Adam Haviyan Nasrullah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013002
Tahun : 2016
Judul : Identifikasi Inhibitor Enzim Laktat Dehidrogenase pada Database Herbal Indonesia sebagai Kandidat Antikanker Menggunakan Molecular Docking
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Jur. Ilmu Kedokteran-G00130024-2026
Subyek : KANKER, INHIBITOR LDHA, MOLECULAR DOCKING, HERBAL INDONESIA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Pendahuluan: Enzim Laktat Dehidrogenase A (LDHA) adalah enzim yang mengkatalis transformasi piruvat menjadi laktat dan berperan penting pada respirasi anaerob (glikolisis) sel kanker. Karena pentingnya LDHA pada pertumbuhan sel kanker, LDHA dapat dijadikan sebagai target molekular untuk menghambat glikolisis fermentatif dan dengan demikian pula proliferasi sel kanker. Penelitian ini merupakan penelitian biokomputasi yang bertujuan untuk mengetahui senyawa aktif tanaman dari beberapa tanaman herbal Indonesia yang berpotensi menjadi inhibitor LDHA dengan menggunakan analisis molecular docking.

Metode: Sampel penelitian ini adalah data virtual senyawa aktif yang memenuhi kriteria: (1) terdapat pada Database Herbal Indonesia (HerbalDB), (2) memiliki struktur tiga dimensi, dan (3) memenuhi kriteria Lipinski rule of five. Validasi senyawa standar Oxamate dilakukan untuk mengetahui skor docking dan lokasi ikatannya. Kemudian docking senyawa aktif dilakukan dan hasil analisis molecular dockingnya akan dibandingkan dengan skor docking dan lokasi ikatan senyawa standar Oxamate. Software yang digunakan adalah Autodock Vina dan Pymol.

Hasil: Berdasarkan hasil validasi, Oxamate berikatan dengan LDHA pada residu asam amino Gln 99, Arg 105, Asn 137, Arg 168, His 192, dan Thr 247 dengan skor docking -4,26 + 0,06 kkal/mol. Terdapat 23 senyawa aktif yang memiliki skor docking kurang dari atau sama dengan Oxamate dan berikatan pada minimal lima residu asam amino seperti Oxamate. 23 senyawa ini yaitu Dyhydrokaempferol, Taxifolin, Isoharmnetin, Quercetin, Eupatorin, Gardenin B, Pedunculin, Indicaxanthin, Nevadensin, N- Methyllaurotetanine, Asam sitrat, L-(+)-Tartaric Acid, D-Arabinitol Miraxanthin-II, Miraxanthin-III, Miraxanthin-V, Vulgaxanthin- I, Phaseolic Acid, Sebacic Acid, D(-)-Fructose, Suberic Acid, Pimelic Acid dan Absciscic Acid (ABA) memiliki potensi menjadi kandidat inhibitor LDHA seperti Oxamate.

Kesimpulan: Terdapat 23 senyawa berpotensi menjadi kandidat inhibitor LDHA
seperti Oxamate.

Kata Kunci : Kanker, Inhibitor LDHA, Molecular Docking, Herbal Indonesia

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dono Indarto, dr.,M.Biotech.St.,Ph.D.
2. Riza Novierta Pesik, dr., M.Kes.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran