Penulis Utama : Tauhid Adi Tomo
NIM / NIP : K6413072
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Strategi penguatan pendidikan politik Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kota Surakarta terhadap kader. 2) Strategi pendidikan politik DPD PKS Kota Surakarta terhadap masyarakat. 3) Hambatan dan tantangan apa yang dialami oleh DPD PKS Kota Surakarta.
Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dan sumber data terdiri dari informan yaitu pengurus DPD PKS Kota Surakarta, Kader PKS Kota Surakarta, dan Masyarakat/Simpatisan PKS. Dokumen yang diambil adalah perundang – undangan tentang pendidikan politik, sejumlah berkas pendidikan politik PKS. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Teknis uji validitas menggunakan catatan lapangan dan triangulasi data.
Hasil penelitan adalah sebagai berikut : pertama, DPD PKS Kota Surakarta dalam masa kepengurusan ini tidak melakukan strategi penguatan pendidikan politik secara khusus kepada kadernya. Strategi penguatan pendidikan politik berdasarkan evaluasi rutin dari pengurus. PKS menerapkan sistem pendidikan politik menggunakan materi pendidikan politik Islam dengan metode liqo-halaqah. Namun tingkat efektifitasnya banyak dipengaruhi oleh murabbi. Kedua, strategi pendidikan politik di masyarakat melalui TOP, kegiatan bakti di masyarakat dan non cover PKS. Ketiga, Hambatan dan kendala yang dialami DPD PKS Kota Surakarta berasal dari internal dan eksternal partai. Hambatan dan kendala dari internal yakni 1)kader muda yang sulit membaur dengan masyarakat dan 2)belum adanya strategi khusus untuk masyarakat khususnya yang beragama non-Islam. Hambatan dan tantangan dari eksternal terdiri dari 1)Ijin penggunaan sarana prasarana milik pemerintah yang sulit 2) perlindungan hukum pendidikan politik belum  maksimal  3)  alokasi  dana  bantuan  keuangan  politik  belum  mencukupi
3)sikap apatis masyarakat

 

×
Penulis Utama : Tauhid Adi Tomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6413072
Tahun : 2017
Judul : Strategi Penguatan Pendidikan Politik Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K6413072-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Erna Yuliandari, SH, MA
2. Dr. Rusnaini, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.