Penulis Utama : Awaludin Cahyadi
NIM / NIP : K4215015
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Nasibe Guru Haryoko karya Tulus Setiyadi, (2) dinamika kejiwaan tokoh utama, (3) nilai moral yang terkandung dalam novel Nasibe Guru Haryoko karya Tulus Setiyadi, dan (4) relevansinya sebagai materi ajar petikan teks novel di SMA/SMK.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data pnelitian berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat yang menggambarkan pemikiran dan watak tokoh dalam novel. Sumber data yang digunakan dalam bentuk dokumen dan informan. Teknik pengambilan sampel/subjek menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dalam pengumpulan datanya menggunakan metode interaktif dan noninteraktif. Teknik uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teori dan sumber data. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari proses analisis data pemeliti memperoleh empat hasil analisis. Hasil analisis data dalam penelitian ini adalah: (1) unsur intrinsik dalam novel meliputi alur, penokohan, tema, latar, dan amanat yang memiliki kesninambungan antarunsur tersebut, (2) dinamika kejiwaan tokoh utama dalam  novel  Nasibe Guru Haryoko karya Tulus Setiyadi yang meliputi aspek-aspek id, ego, dan superego yang didominasi oleh kestabilan pada aspek kejiwaan tokoh dalam novel, (3) nilai moral yang terkadung dalam novel Nasibe Guru Haryoko karya Tulus Setiyadi karya Tulus Setiyadi yang meliputi kepatuhan, introspeksi diri, dan tanggung jawab yang masing-masing unsur memiliki porsi sama dalam novel, dan (4) novel Nasibe Guru Haryoko karya Tulus Setiyadi relevan untuk dijadikan materi ajar di SMA/SMK yang sesuai dengan KD 3.2 Memahami isi petikan teks novel berbahasa Jawa dan KD 4.2 Menceritakan isi petikan novel berbahasa Jawa yang ada pada kelas XI semester satu.

Kata Kunci : unsur intrinsik, dinamika kejiwaan, nilai moral, materi ajar

×
Penulis Utama : Awaludin Cahyadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4215015
Tahun : 2019
Judul : Dinamika Kejiwaan Tokoh Utama dan Nilai Moral dalam Novel Nasibe Guru Haryoko Karya Tulus Setiyadi serta Relevansinya sebagai Materi Ajar Bahasa Jawa di Sekolah Menengah Atas (Kajian Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K4215015-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Edy Suryanto, M.Pd.
2. Kenfitria Diah Wijayanti, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.