Penulis Utama : Riza Berliana Rizki Natalia
NIM / NIP : K4214044
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik, (2) konflik batin tokoh utama, dan (3) nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel Lèdhèk saka Èrèng-Èrèngé Gunung Wilis, serta relevansinya sebagai bahan ajar apresiasi sastra di SMA.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menerapkan pendekatan psikologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen dan informan. Teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dokumen (content analysis) dan wawancara. Validitas data diperoleh melalui triangulasi sumber dan teori. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian ini meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa novel Lèdhèk saka Èrèng-Èrèngé Gunung Wilis karya Tulus Setiyadi, (1) mengandung unsur intrinsik yang terdiri dari tokoh dan penokohan, alur, latar (seting), dan sudut pandang. (2) konflik batin yang dialami tokoh utama disebabkan oleh (a) kebimbangan dalam menghadapi permasalahan, serta (b) kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan. (3) muatan nilai moral; dan (4) relevan dan dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Jawa.

Kata Kunci : konflik batin, unsur intrinsik, psikologi sastra

×
Penulis Utama : Riza Berliana Rizki Natalia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4214044
Tahun : 2019
Judul : Konflik Batin Tokoh Utama dan Nilai Moral dalam Novel Ledhek Saka Ereng-Erenge Gunung Wilis Karya Tulus Setiyadi serta Relevansinya sebagai Bahan Ajar Sastra di Sekolah Menengah Atas (Tinjauan Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K4214044-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Atikah Anindyarini, S.S., M.Hum.
2. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.