Penulis Utama : Derita Edom Migunani
NIM / NIP : K4215020
×

Abstrak

Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang (1) gaya kata; (2) gaya bunyi; (3) gaya kalimat; (4) permajasan; (5) nilai pendidikan karakter dalam Serat Wedhatama pupuh Sinom; (6) relavansi gaya bahasa dan nilai pendidikan karakter dalam Serat Wedhatama pupuh Sinom sebagai materi ajar mata pelajaran bahasa Jawa kelas X SMA.
    Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan stilistika. Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen yaitu Serat Wedhatama pupuh Sinom karya Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IV dan hasil wawancara dengan informan yang terdiri dari: guru mata pelajaran bahasa Jawa kelas X SMA, siswa kelas X SMA, ahli stilistika, dan ahli serat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis dokumen, wawancara, dan exper judgement dari para ahli yang terkait.  Sedangkan uji validitas data menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari; pengumpulan data; reduksi data; penyajian data; dan simpulan.
    Hasil penelitian ini adalah berupa gaya bahasa yang digunakan dalam Serat Wedhatama pupuh Sinom meliputi; (1) gaya kata yang digunakan pengarang yaitu afiksasi arkhais, tembung garba, tembung plutan, tembung kawi, tembung baliswara, tembung saroja, dasanama dan tembung entar. Gaya bunyi yang digunakan yaitu: purwakanthi guru swara (asonansi), purwakanthi guru sastra (aliterasi), dan purwakanthi basa/ lumaksita. Gaya kalimat yang digunakan meliputi: klimaks, antiklimaks, paralelisme, antitesis, dan repetisi. Permajasan yang terdapat dalam Serat Wedhatama pupuh Sinom yaitu majas simile dan metafora.   Sedangkan, nilai pendidikan karakter  yang terdapat dalam Serat Wedhatama pupuh Sinom yaitu; (1) religius; (2) jujur; (3) disiplin; (4) kerja keras; (5) kreatif; (6) mandiri; (7) rasa ingin tahu; (8) menghargai prestasi; (9) bersahabat/ komunikatif; (10) cinta damai; dan (11) tanggungjawab. Analisis gaya bahasa dan nilai pendidikan karakter dalam Serat Wedhatama pupuh Sinom juga relevan dengan materi ajar mata pelajaran bahasa Jawa kelas X SMA karena mengandung unsur gaya bahasa yang estetis dan nilai- nilai pendidikan karakter yang dapat digunakan sebagai materi ajar,

Kata Kunci : Serat Wedhatama pupuh Sinom, gaya bahasa, nilai pendidikan karakter, matari ajar bahasa Jawa

×
Penulis Utama : Derita Edom Migunani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4215020
Tahun : 2019
Judul : Analisis Gaya Bahasa dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Serat Wedhatama Pupuh Sinom serta Relevansinya sebagai Materi Ajar Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas X SMA (Suatu Kajian Stilistika)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K4215020-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Raheni Suhita, M.Hum.
2. Dr. Djoko Sulaksono, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.