Penulis Utama : Tri Bintang Wahana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2514064
Tahun : 2019
Judul : Studi Pelaksanaan Magang Industri bagi Guru Produktif SMK
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K2514064-2019
Subyek : GURU PRODUKTIF, SMK, MAGANG INDUSTRI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Tujuan Penelitian ini untuk: 1) Mengetahui penyelenggaraan magang industri guru produktif SMK, 2) Mengetahui proses pelaksanaan program magang industri guru produktif SMK, dan 3) Mengetahui persepsi guru SMK mengenai program magang industri guru SMK.
Penelitian dilaksanakan di tiga SMK negeri dan tiga SMK swasta,  dilaksanakan pada dua program keahlian yaitu Teknik Mesin dan Teknik Otomotif. Metode penelitian yang digunakan adalah Narrative inquiry dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan menggali informasi dari narasumber. Teknik pengambilan subyek penelitian dengan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara. Teknik validitas data menggunakan trianggulasi data, mengumpulkan bukti penelitian dan member check. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Pelaksanaan program magang industri guru produktif SMK masing kurang baik dalam pelaksanaannya karena belum semua sekolah melaksanakan kegiatan tersebut dan baru beberapa guru produktif yang telah melaksankannya. (2) Penyelenggaraan magang industri guru produktif SMK dilaksanakan selama satu bulan penuh secara langsung di industri. Guru melaksankan dengan terjun secara langsung dibimbingan oleh teknisi dari perusahaan. (3) Guru berpendapat bahwa pelaksanaan kegiatan magang industri guru produktif adalah program yang baik, namum dalam pelaksanaanya berbanding terbalik dengan kenyataanya. Pelaksanaannya masih ada kendala mengenai belum terselenggara secara menyeluruh di SMK. Dikarenakan proses administrasi antara perusahaan dengan sekolah dan jadwal guru mengajar yang padat.

Kata Kunci : Guru Produktif, SMK, Magang Industri

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suharno, ST., M.T.
2. Ngatou Rohman, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP