Penulis Utama : Abdul Wasik
NIM / NIP : K1515001
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan serat ijuk dengan variasi berbeda-beda terhadap kuat tekan dan daya serap paving block dan untuk mengetahui berapakah persentase optiman penambahan serat ijuk untuk mencapai kuat tekan paving block.
    Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Bentuk sampel dari paving block yaitu balok dengan dimensi 20 cm x 10 cm x 6 cm jumlah sampel sebanyak 48 sampel paving block. Variabel yang mempengaruhi dalam penelitian ini yaitu (1) variabel terikat: kuat tekan dan daya serap (2) variabel bebas: persentase serat ijuk  sebagai bahan tambah dengan variasi 0%, 1%, 1,5%, 2%, 2,5%, 3?ri volume semen.
    Hasil kuat tekan dengan penggunaan serat ijuk sebagai bahan tambah dan 20% fly ash sebagai pengganti dari berat semen berpengaruh terhadap kuat tekan paving block. Kuat tekan optimum paving block diketahui dari data uji dengan  variasi penambahan 2% serat ijuk dari berat semen sebesar 19,43 Mpa dimana pada variasi ini termasuk paving block mutu kelas B. Hasil daya serap air ini tidak didapat nilai maksimum, karena hasil penelitian daya serap air selalu mengalami kenaikan dengan adanya penambahan serat ijuk.  

Kata Kunci : Paving block, Serat Ijuk, Fly Ash, Kuat Tekan, Daya Serap

×
Penulis Utama : Abdul Wasik
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1515001
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Penambahan Serat Ijuk dan 20% Fly Ash sebagai Pengganti dari Berat Semen terhadap Kuat Tekan dan Daya Serap pada Paving Block
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Teknik Bangunan-K1515001-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sukatiman S.T.,M.Si.
2. Dr. Ir. Chundakus Habsya, M.Ars.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.