Penulis Utama : Bunayya Ahmad Lazuardi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1517018
Tahun : 2022
Judul : Pengaruh Pyrophyllite sebagai Pengganti sebagian Semen Terhadap Kuat Tekan dan Daya Serap pada Paving Block
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Bunayya Ahmad Lazuardi. PENGARUH PYROPHYLLITE SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN SEMEN TERHADAP KUAT TEKAN DAN DAYA SERAP PADA PAVING BLOCK. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) pengaruh pyrophyllite sebagai pengganti sebagian semen terhadap kuat tekan paving block dengan variasi penggantian 10%, 12,5% ,15%, 17,5%, 20%. (2) persentase pyrophyllite optimal sebagai pengganti sebagian semen yang menghasilkan kuat tekan maksimal pada paving block. (3) pengaruh pyrophyllite sebagai pengganti sebagian semen terhadap daya serap air paving block dengan variasi penggantian 10%, 12,5%, 15%, 17,5%, 20%. (4) persentase pyrophyllite optimal sebagai pengganti sebagian semen yang menghasilkan daya serap air minimal pada paving block. 

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Variabel yang terdapat di penelitian ini adalah (1) Variabel bebas: Variasi pyrophyllite sebagai pengganti sebagian semen pada paving block. (2) Variabel terikat: kuat tekan dan daya serap air paving block. Mix design yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode road note no.4. Pengujian kuat tekan dan daya serap air memakai acuan SNI 03-0691-1996. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berdimensi 20x10x6 cm sebanyak 90 sampel.  

Penelitian ini menghasilkan : (1) variasi pyrophyllite berpengaruh positif dalam menambah kuat tekan paving block. (2) persentase penggantian pyrophyllite yang menghasilkan kuat tekan paling maksimal pada paving block dengan variasi pyrophyllite optimal yaitu sebesar 27,01 MPa. (3) variasi pyrophyllite berpengaruh positif dalam menurunkan daya serap paving block. (4) persentase penggantian pyrophyllite yang menghasilkan daya serap air minimal pada paving block dengan variasi pyrophyllite optimal sebesar 3,74%. 

Kata Kunci: Paving Block, Pyrophyllite, Daya Serap, Kuat Tekan

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN COVER.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Chundakus Habsya, MS.Ars.
2. Budi Siswanto, S.Pd., M.Ars.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP