Penulis Utama : Meta Yulianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5412050
Tahun : 2016
Judul : Tingkat kerawanan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana longsorlahan di Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali Tahun 2016 (Sebagai Suplemen Materi Pembelajaran Geografi Kelas X Kurikulum 2013 pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam dengan Kajian Geografi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prodi Pendidikan Geografi-K5412050-2016
Subyek : LONGSORLAHAN; KERAWANAN; KESIAPSIAGAAN;
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Meta Yulianti. K5412050. Tingkat kerawanan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana longsorlahan di Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali Tahun 2016 (Sebagai Suplemen Materi Pembelajaran Geografi Kelas X Kurikulum 2013 pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam dengan Kajian Geografi). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2016.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat kerawanan longsorlahan di Kecamatan Selo; (2) tingkat kesiapsiagaan rumah tangga dalam menghadapi bencana longsorlahan di Kecamatan Selo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan Metode penelitian yang digunakan   ialah metode survai dengan pendekatan keruangan.  Populasi  yang  digunakan  ada  2  jenis  yaitu  :  satuan  lahan  dan penduduk yang terdiri atas Kepala Keluarga di Kecamatan Selo.
Teknik pengambilan sampel untuk satuan lahan dengan menggunakan Purposive sampling diperoleh sejumlah 64 satuan lahan sedangkan teknik pengambilan sampel penduduk menggunakan teknik Proportional sampling diperoleh 100 Rumah Tangga.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara dan dokumen. Teknik analisis data untuk mengetahui tingkat kerawanan longsorlahan adalah skoring dan deskriptif, sedangkan teknik analisis data untuk mengetahui tingkat kesiapsiagaan menggunakan teknik skoring dan deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Tingkat Kerawanan longsorlahan di Kecamatan Selo terdiri dari dua kelas tingkat kerawanan longsorlahan yaitu: tingkat kerawanan longsorlahan rendah  dengan dengan luas 357,596 Ha (6,376
%), dan tingkat kerawanan longsorlahan sedang dengan luas 5.250,201 Ha (93,624%). (2) Tingkat kesiapsiagaan rumah tangga di Kecamatan Selo terdiri dari dua kelas tingkat  kesiapsiagaan  yaitu : Tingkat kesiapsiapsiagaan  rendah (belum siap) dengan total skor 1045,96 dan Tingkat kesiapsiagaan sedang (kurang
siap) dengan total 1.395,3.

Kata Kunci : LONGSORLAHAN; KERAWANAN; KESIAPSIAGAAN;

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
pernyataan 79.pdf
abstrak.pdf
BAB 0.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rahning Utomowati, S.Si, M.Sc
2. Dr. Yasin Yusup, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP