Penulis Utama : Erlina Pricilla Sitorus
NIM / NIP : S201302001
×

Abstrak

Pendahuluan
Faktor  sekresi  dari  sel  punca  telah banyak  diteliti  karena  memiliki  manfaat  dapat memperbaiki kerusakan jaringan maupun organ, dan dijumpai pada media kultur sel punca sehingga disebut sebagai media terkondisi. Advanced adipose-derived stem cell protein extract (AAPE) adalah media terkondisi dari adipose derived stem cell (ADSC) mengandung sejumlah growth factor yang disekresikan ADSC, memiliki manfaat untuk pengobatan masalah kulit seperti kerutan pada wajah serta perbaikan luka. AAPE dapat merangsang sintesis kolagen dan migrasi sel fibroblas sehingga dapat digunakan untuk memperbaiki kerutan wajah dan merangsang penyembuhan luka. Metode Penelitian in vitro ini menggunakan sampel kelompok fibroblas yang di kultur dari tali pusat, diperoleh dari seorang pendonor wanita usia 30 tahun dengan riwayat seksio sesaria pertama kali. Ada 3 kelompok subyek penelitian yaitu satu adalah fibroblas normal tanpa paparan UVB sebagai kontrol, dua perlakuan fibroblas dipapar sinar UVB 30 menit dosis 100 mJ/cm2, ditambah AAPE dan hanya basal media. Semua kelompok di evaluasi 48 jam dan dilakukan pemeriksaan deposisi kolagen dengan pengecatan imunositokimia antibodi kolagen 1, selanjutnya hasil dibaca menggunakan software Image-J.
Hasil Terdapat  perbedaan  signifikan  pada  peningkatan  deposisi  kolagen  antara  kelompok kontrol, basal media dan AAPE (+). Peningkatan deposisi kolagen terbukti signifikan pada kelompok fibroblas tua yang diberi penambahan AAPE dibandingkan pada kelompok yang tanpa penambahan AAPE/hanya basal media dan kelompok kontrol, dan didapatkan nilai p< 0>Kesimpulan AAPE dapat memperbaiki fungsi fibroblas tua yang ditandai dengan peningkatan deposisi kolagen melalui kultur fibroblas tua.

Kata Kunci : AAPE, deposisi kolagen, fibroblas tua

×
Penulis Utama : Erlina Pricilla Sitorus
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S201302001
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Advanced Adipose-Derived Stem Cell Protein Extract terhadap Perbaikan Deposisi Kolagen pada Kultur Fibroblas Tua
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : PPDS Penyakit Kulit dan Kelamin
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin-S201302001-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. DR. dr. Indah Julianto, SpKK (K).
2. Prof. Dr. Harijono Kariosentono,dr.,SpKK(K).
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.