Penulis Utama : Halim Perdana Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S201702002
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Eksosom Advanced Adipose Protein Extract (AAPE) Terhadap Peningkatan Deposisi Kolagen Tipe I pada Kultur Fibroblas Dituakan (Studi in vitro)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-S201702002
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang
Paparan ultraviolet (UV) dapat menyebabkan penuaan melalui kerusakan DNA atau mediator ROS. Mengakibatkan peradangan dan degradasi jaringan sel induk mesenchymal (MSC) yang berasal eksosom mengandung sitokin, faktor pertumbuhan, lipid signalin, mRNA dan miRNA. Ultraviolet B (UVB) mengurangi proliferasi fibroblas dermal. Advanced Adipose Protein Extract (AAPE) dapat mengurangi kematian sel yang disebabkan oleh UVB. Hal ini dapat meningkatkan ekspresi protein kolagen tipe 1 dan menurunkan kadar MMP-1 pada fibroblas, sehingga peningkatan kolagen dalam dermis.
Tujuan
Untuk mengetahui pengaruh pemberian eksosom AAPE terhadap peningkatan deposisi kolagen tipe I pada kultur fibroblas dituakan.

Metode penelitian
Sebuah studi laboratorium eksperimental menggunakan desain kelompok kontrol pasca-tes hanya dilakukan pada fibroblas tua. Fibroblas berusia dengan menggunakan NB-UVB dengan dosis 600 mJ / cm2, sampel ini sudah dialokasikan ke dalam kelompok kontrol dan perawatan. Kelompok pengobatan menerima AAPE exosome whit konsentrasi 0,01%, 0,5%, dan 1%. Deposisi kolagen tipe 1 dinilai whit flowcytometry. Analisis statistik menggunakan One way ANOVA (?=0,05) diikuti dengan tes Post Hoc, dan nilai p <0>

Hasil
Menambahkan eksosom AAPE dapat meningkatkan deposisi kolagen tipe 1 dan eksosom AAPE dengan konsentrasi 1% memberikan efek paling signifikan pada deposisi kolagen tipe 1 dalam kultur penuaan fibroblas
Kesimpulan
Eksosom AAPE dapat meningkatkan deposisi kolagen tipe 1 dan eksosom AAPE dengan konsentrasi 1% memberikan efek paling signifikan pada deposisi kolagen tipe 1 pada kultur fibroblast dituakan.

Kata Kunci : eksosom, AAPE, photoaging

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. dr. Harijiono Kariosentono, Sp. KK(K)
2. dr. Nurrachmat Mulianto, M. Sc, Sp. KK(K)
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran