Penulis Utama : Salima Puji Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3312070
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA 3 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. IKIP Jur. Pend. Kimia-K3312070-2016
Subyek : TEAMS GAMES TOURNAMENT, KARTU SOAL, MINAT BELAJAR, PRESTASI BELAJAR, KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa dan prestasi belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) yang dilengkapi dengan kartu soal pada materi pokok Kelarutan  dan  Hasil  Kali  Kelarutan  Kelas  XI  MIA  3  di  SMA  Al-Islam  1 Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 3 SMA Al-Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) yang dilengkapi dengan kartu soal dapat meningkatkan  minat  belajar  dan  prestasi  belajar  siswa  pada  materi  pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di SMA Al-Islam 1 Surakarta. Presentase ketercapaian minat belajar siswa pra siklus adalah 52,42%, kemudian meningkat menjadi 72,69% di siklus I dan meningkat kembali menjadi 82,96% di siklus II. Presentase ketercapaian aspek sikap 75,69% di siklus I kemudian meningkat menjadi 84% di siklus II. Presentase ketercapaian siswa untuk aspek keterampilan mencapai 100%. Persentase ketuntasan peserta didik untuk aspek pengetahuan pada siklus I adalah 60,58%, kemudian meningkat menjadi 81,81% pada siklus II.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Bakti Mulyani, M.Si.
2. Budi Utami, S.Pd., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP